Area Baca

7/17/2015

Sistem Pernafasan Pada Manusia Dan Fungsinya

Sistem pernafasan pada manusia dan fungsinya – Seperti yang telah kita semua ketahui bahwa ciri ciri dari makhluk hidup salah satunya adalah bernafas. Sudah tahukah anda apa itu bernafas? Bernafas merupakan salah satu proses menghirup zat O2 atau oksigen dan mengeluarkan zat Co2 atau karbon dioksida. Bernafas merupakan salah satu usaha dari manusia untuk mempertahankan hidupnya, sebab salah satu tujuan utama dari bernafas adalah untuk mendapatkan oksigen atau yang dikenal dengan zat O2 untuk membakar setiap kalori yang masuk dan juga untuk mengeluarkan zat Co2 atau karbon dioksida dari dalam tubuh.

Sistem pernafasan manusia itu sendiri terdiri dari dua hal yang pertama adalah saluran pernafasan dan yang ke dua adalah mekanisme pernafasan. Saluran pernafasan itu sendiri merupakan suatu bagian yang terdapat didalam tubuh manusia yang memiliki sifat sebagai suatu tempat berlintas dan juga tempat untuk menukar gas yang dibutuhkan dalam kegiatan bernafas. Kegiatan bernafas pada manusia itu dapat berpangkal di hidung ataupun mulut dan diakhiri di paru paru. Kegiatan bernafas juga banyak dikenal sebagai kegiatan respirasi. Nah, pada kesempatan yang baik ini saya akan mengulas atau mengkaji tentang sistem pernafasan pada manusia.

Sistem pernafasan pada manusia

Sistem pernafasan pada manusia atau yang disebut juga dengan istilah sistem respirasi itu sendiri merupakan sistem organ yang dipakai untuk melakukan pertukaran gas yang terdapat didalam tubuh manusia itu sendiri. Ada beberapa jenis bernafas yang terjadi pada manusia yaitu jenis pernafasan dada dan juga jenis pernafasan perut.

Jenis pernafasan dada itu sendiri merupakan suatu proses penghirupan oksigen yang melibatkan organ otot antar tulang pada rusuk. Mekanisme pada pernafasan dada ada dua macam yaitu fase inspirasi dan juga fase ekspirasi. Sedangkan yang dimaksud dengan jenis pernafasan perut adalah suatu proses menghirup oksigen yang menggunakan otot diafragma. Sistem pernafasan pada manusia itu terdiri dari beberapa organ organ pernafasan yang secara langsung menunjang adanya proses pernafasan. Organ organ pernafasan manusia mempunyai struktur dan juga fungsi yang berbeda. Organ pernafasan pada manusia tersusun dari hidung, trachea, faring, bronkus dan juga alveolus.

Sistem pernafasan pada manusia dan fungsinya

Pada penjelasan diatas telah disebutkan jika kali ini saya akan mengkaji tentang sistem pernafasan pada manusia dan fungsinya. Diatas juga telah dijelaskan secara jelas tentang sistem pernafasan pada manusia. Saat ini kita bahas tentang fungsi sistem pernafasan manusia itu sendiri. Apa fungsi pernafasan pada manusia?

Salah satu yang menjadi fungsi yang paling utama dalam sistem pernafasan pada manusia adalah proses pembuangan zat karbon dioksida atau Co2 dari dalam tubuh. Zat karbon dioksida itu adalah semacam limbah yang harus dikeluarkan dari dalam tubuh. Dan zat tersebut akan dikeluarkan melalui aliran darah dan semua itu akan terjadi pada saat manusia itu melakukan kegiatan bernafas.