Area Baca

8/14/2015

Fungsi Empedu Dan Organ Hati Manusia

Fungsi empedu dan organ hati manusia – Manusia adalah salah satu makhluk yang diciptakan paling sempurna oleh tuhannya. Manusia di ciptakan dengan diberikan berbagai jenis organ yang terdapat di dalamnya. Organ organ tersebut yang membantu manusia itu dalam menjaga kelangsungan hidupnya. Diantara organ organ penting yang ada di dalam tubuh manusia adalah empedu dan juga hati. 
 
Empedu dan juga organ hati yang terdapat dalam tubuh manusia itu sama sama memiliki peran yang penting. Yang menjadi pertanyaan saat ini adalah apakah fungsi empedu dan organ hati pada manusia? Nah, pada kesempatan kali ini saya akan bahas mengenai fungsi empedu pada manusia dan juga fungsi organ hati. Langsung saja yuk, kita simak penjelasnnya.

Fungsi empedu pada manusia

Kantong empedu adalah sebuah organ kecil yang ada di dalam tubuh manusia. Empedu itu terletak di bagian yang dekat dengan pertengahan perut pada daerah tubuh . Fungsi kantong empedu manusia yang paling utama adalah sebagai sebuah tempat untuk menyimpan empedu yang dihasilkan dari organ hati . fungsi empedu pada manusia itu sendiri merupakan sebuah zat yang akan membantu dalam proses pencernaan lemak .

Lemak yang itu sendiri memiliki sifat yang tidak larut terhadap air, sehingga dalam rangka membutuhkan cairan empedu untuk mengemulsi lemak secara khusus. Hati bekerja untuk memproduksi empedu lalu kemudian empedu yang dihasilkan tersebut akan disimpan di dalam kantong empedu dan akan digunakan pada saat tubuh memerlukan cairan tersebut untuk membantu mencerna lemak. Ketika tubuh membutuhkan empedu untuk mencerna lemak, maka secara otomatis kantong empedu akan mulai membiarkan aliran empedu tersebut mengalir ke dalam usus, di dalam duodenum, disini lemak akan dicerna dengan menggunakan bantuan dari empedu lalu kemudian akan diserap oleh suatu organisme.

Pada saat empedu itu ada di dalam kantong empedu, air dari empedu itu akan mencurahkan keluar melalui sebuah dinding kantong empedu, dan hal ini membuat empedu menjadi lebih terkonsentrasi karena itu lebih efektif. Empedu juga berfungsi untuk menetralkan beberapa jenis asam yang ditemukan di dalam jenis makanan makanan tertentu.

Fungsi organ hati manusia

Hati adalah merupakan sebuah bagian dari sistem pencernaan, tapi dalam sistem pencernaan hati itu sendiri tidak lebih dari sekedar membantu proses asupan makanan. Hati memiliki rtanggung jawab untuk memproduksi suatu zat yang akan digunakan untuk memecah lemak dan juga lipid, sehingga akan membuat makanan menjadi lebih mudah untuk dicerna.

Hati juga dapat menghasilkan beberapa jenis asam amino yang memiliki peran penting untuk sebuah proses produksi protein, tanpa adanya hati maka tubuh manusia itu sendiri tidak dapat berfungsi. Hati bertugas untuk memproduksi kolesterol pada tubuh, apakah tubuh itu sehat atau sebaliknya yaitu tidak sehat. Selain dari kemampuan untuk produksi, hati juga dapat bertindak sebagai sebuah filter. Pada saat zat yang berbahaya itu diambil ke dalam tubuh, maka hati lah yang akan bertanggung jawab untuk menyaringnya. Secara sederhana, fungsi organ hati manusia yang paling utama adalah untuk membantu menjaga keseimbangan pada tubuh manusia. Hati ini dapat menetralkan racun yang sifatnya berbahaya, dapat menciptakan suatu zat yang sangat diperlukan tubuh dan juga dapat membuang produk limbah.