Area Baca

8/15/2015

Fungsi Organ Hati Sebagai Alat Ekskresi

Fungsi organ hati sebagai alat ekskresi – Setiap manusia terlahir dengan sempurna. Ia dilahirkan dilengkapi dengan seluruh organ yang berfungsi untuk membantu kelangsungan hidupnya. Manusia di ciptakan dengan berbagai organ penting di dalamnya. Salah satu organ penting yang ada di dalam tubuh manusia adalah hati. Hati memiliki fungsi yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Maka dari itu, di kesempatan yang cukup baik ini, saya akan berbagi ilmu yang berhubungan dengan hati yaitu tentang fungsi hati sebagai alat ekskresi dan juga fungsi hati sebagai organ ekskresi. Anda mungkin bertanya Tanya sebetulnya apa sih fungsi hati sebagai alat dan juga sebagai organ ekskresi itu? untuk itu saya akan menjawab pertanyaan tersebut melalui sedikit ulasan yang ada di bawah ini.

Fungsi hati sebagai alat ekskresi

Hati merupakan salah satu organ di dalam tubuh manusia yang berfungsi untuk mengekskresi empedu untuk membantu proses pencernaan. Hati itu sendiri merupakan sebuah kelenjar yang terbesar dan terdapat di dalam tubuh yang terletak di dalam sebuah rongga perut bagian sebelah kanan tepatnya di bagian bawah diafragma. Fungsi hati sebagai alat ekskresi diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Fungsi hati sebagai alat ekskresi yaitu untuk menetralisir racun yang ada di dalam tubuh manusia sehingga tidak akan membahayakan tubuh manusia, dan mengeluarkannya melalui urine
  2. Untuk merubah glukosa menjadi glikogen yang dapat berguna untuk mengatur adanya kadar gula yang ada di dalam darah.
  3. Sebagai alat ekskresi yang dapat mengeluarkan zat warna pada empedu dan juga urine.
  4. Sebagai tempat untuk sintesis zat. Hati akan menghasilkan enzim arginase yang dapat digunakan untuk merubah arginin menjadi ornifin serta urea. Ornifin yang dibentuk tersebut dapat meningkatkan zat NH3 dan juga CO2 yang memiliki sifat sebagai racun tubuh.

Fungsi hati sebagai organ ekskresi

Sistem ekskresi yang ada pada manusia itu memiliki peran yang sangatlah penting di dalam menjaga kesehatan dan juga kondisi fisik manusia itu sendiri. Ekskresi itu sendiri merupakan sebuah proses yang mengeluarkan zat sisa dari hasil metabolisme yang udah tidak dibutuhkan lagi oleh tubuh manusia . Organ ekskresi yang termasuk dalam sistem ekskresi manusia itu diantaranya adalah hati, ginjal,paru paru, kulit, dan juga usus besar.

Hati sering juga di sebut dengan istilah hepar. Fungsi hati sebagai organ eksresi itu sama hal nya dengan fungsi hati sebagai alat ekskresi yang telah saya jelaskan di atas. Jadi jika anda sedang mencari informasi tentang fungsi hati sebagai organ ekskresi anda sudah pasti tau jawabannya apabila anda sudah membaca postingan artikel kali ini dari atas dan telah membacanya dengan seksama. Namun, apabila anda belum mengerti juga, maka anda dapat mengulang membacanya dari atas. Untuk mengetahui fungsi hati sebagai organ maupun sebagai alat ekskresi tersebut.