Area Baca

8/02/2015

Nama Planet Dalam Tata Surya

Nama planet dalam tata surya – Kita semua mungkin sudah sering sekali mendengar kata tata surya. Apakah yang disebut dengan tata surya? Tata surya adalah kumpulan beberapa benda benda langit yang terdiri atas satu buah bintang yang dikenal dengan sebutan matahari dan juga semua jenis obyek yang ada di dalamnya yang ikut serta dalam peristiwa gravitasi. Planet adalah satu anggota dari tata surya. Planet yang ikut dalam anggota tata surya itu sendiri berjumlah delapan buah yang terdiri dari planet bagian luar dan juga planet bagian dalam. Nah, kali ini saya akan membahas anggota tata surya yang satu ini yaitu planet khususnya tentang nama nama planet yang termasuk dalam jenis tata surya. Apa saja nama planet dalam tata surya tersebut? Semua akan dijelaskan pada penjelasan berikut ini.

Sebelum saya bahas lebih lanjut mengenai nama planet dalam tata surya, terlebih dahulu saya jelaskan tentang pengertian planet. Planet adalah salah satu anggota tata surya berupa sebuah benda yang gelap yang bisa mengorbit matahari. Planet itu sendiri bekerja untuk mengelilingi bintang dan sisa bintang. Planet yang merupakan salah satu anggota dari tata surya memiliki sebuah massa yang sangat berguna untuk membuat gaya gravitasinya sendiri. Lalu apa saja nama planet yang termasuk dalam anggota tata surya tersebut?

Nama planet tata surya

Pada beberapa penjelasan di artikel yang sudah saya buat sebelumnya, saya telah banyak membahas tentang tata surya, komponen tata surya dan sebagainya. Pada artikel yang membahas tentang komponen dari tata surya telah dijelaskan dengan jelas bahwa salah satu komponen dari tata surya adalah planet. Planet planet yang merupakan bagian dari komponen tata surya tersebut memiliki nama nama. Nah, nama planet tata surya tersebutlah yang akan menjadi pokok bahasan saya kali ini. Apa saja nama nama planet dalam tata surya tersebut? Saya akan menjawabnya di penjelasan yang ada di bawah ini.

Nama planet dalam tata surya

Pada uraian kali ini saya akan menjawab pertanyaan diatas tentang nama nama planet dalam tata surya. Berikut adalah nama nama planet yang ada dalam tata surya : 
  1. Merkurius. Planet merkurius merupakan sebuah planet yang memiliki jarak paling dekat dengan matahari
  2. Venus. Planet yang kedua ini, merupakan salah satu jenis planet yang paling panas di tata surya meskipun jarak nya dengan matahari berada pada urutan yang ke dua
  3. Bumi . bumi mempunyai diameter kira kira12,756km, dan memiliki 1 buah satelit yang disebut Bulan.
  4. Mars. Mars memiliki ukuran seperdua atau setengahnya bumi. 
  5. Jupiter. Jupiter adalah planet yang paling besar dalam tata surya.
  6. Saturnus. Saturnus merupakan jenis planet yang memiliki cincin.
  7. Uranus. Uranus merupakan jenis planet yang memiliki gas. 
  8. Neptunus. Neputus adalah jenis planet yang jaraknya paling jauh pada urutan planet gas.