Area Baca

8/05/2015

Urutan Planet Dalam Tata Surya

Urutan planet dalam tata surya - Sistem tata surya merupakan suatu perkumpulan dari beberapa benda benda yang ada di langit. Tata surya itu sendiri terdiri dari satu buah matahari yang dijadikan sebagai bintang pusat dari peredaran selain itu juga semua objek yang ikut terikat oleh suatu gaya gravitasi. Objek objek yang termasuk dalam anggota tata surya diantaranya meliputi delapan buah Planet, lima buah planet yang kerdil atau dwarf planet, seratus tujuh puluh tiga buah satelit yang masih alami dan juga ada jutaan benda langit lainnya seperti Asteroid, meteorid dan juga Komet.

Pada saat ini, terdapat delapan buah planet yang telah dikategorikan sebagai suatu planet. Pada tahun 30’an ditemukan kembali satu planet yang bernama planet pluto, namun planet pluto hanya masuk dalam kategori planet yang kerdil. Jadi, jumlah planet yang terdaftar menjadi anggota tata surya jumlahnya hanya delapan buah. Dari ke delapan buah planet yang tergolong dalam anggota tata surya tersebut memiliki urutan sendiri sendiri. Urutan planet dalam tata surya tersebutlah yang akan menjadi topik pembahasan saya saat ini.

Urutan planet tata surya

Jika ditinjau secara umum, istilah planet di artikan sebagai suatu benda langit yang tidak bisa mengeluarkan energi panas ataupun energi cahaya namun dapat bergerak untuk mengelilingi matahari secara teratur dan tetap. Jumlah planet yang telah ditetapkan oleh pihak persatuan astronomi internasional ataupun oleh IAU (International Astronomical Union) berjumlah 8 buah planet. Pada sedikit uraian yang ada di bawah ini, akan saya jelaskan tentang daftar nama urutan planet tata surya.

Urutan planet dalam tata surya

Planet planet yang telah berevolusi atau bergerak untuk mengililingi sebuah matahari melalui sebuah garis orbitnya sendiri sendiri dengan menetapkan matahari sebagai suatu pusatnya. Pada saat planet planet tersebut berevolusi, mereka akan melakukan kegiatan rotasi. Pengertian rotasi itu sendiri adalah planet planet melakukan perputaran pada porosnya. Pada umumnya, tiap tiap planet tersebut mempunyai pengiring yang dapat bergerak untuk mengitari planet. Pengiring ini di sebut dengan istilah satelit alam.

Dalam sebuah ketentuan yang telah ditetapkan pada tahun 2006 dalam suatu sidang umum perkumpulan astronomi telah ditetapkan jumlah planet yang masuk dalam anggota tata surya. Jumlah planet yang dalam anggota tata surya ada delapan buah. Meskipun pada tahun 30an telah ditemukan sebuah planet yang bernama Pluto, namun Pluto tidak bisa masuk atau tidak dapat dianggap sebagai planet, karena Pluto tidak memiliki syarat sebagai suatu planet. Nah, setelah tahu jumlah planet dalam tata surya, sekarang saatnya anda mengetahui urutan planet dalam tata surya tersebut. Berikut adalah nama nama urutan planet dalam tata surya :
  1. Merkurius
  2. Venus 
  3. Bumi 
  4. Mars
  5. Yupiter
  6. Saturnus
  7. Uranus
  8. Neptunus