Area Baca

9/01/2015

Fungsi Enzim Amilase

Fungsi enzim amilase – Kita akan belajar tentang enzim. Sebelum kita belajar lebih jauh tentang fungsi enzim, kita belajar dulu tentang pengetian enzim. Sudah tahukah anda apa itu pengertian enzim? Mungkin anda sudah sering sekali mendengar istilah enzim, sehingga istilah ini sudah tidak asing lagi di dengar di telinga anda. Enzim adalah suatu protein yang ikut berperan sebagai suatu katalis di dalam metabolisme pada makhluk hidup. Enzim itu berperan untuk dapat mempercepat suatu reaksi kimia yang terjadi pada tubuh setiap makhluk hidup.

Pada proses reaksi tersebut enzim tidak ikut bereaksi. Enzim hanya ikut berperan dengan lebih spesifik untuk hal hal dalam menentukan sebuah reaksi mana yang akan dipacu dan juga dibandingkan dengan katalisator anorganik sehingga akan terjadi ribuan reaksi yang berlangsung tanpa menghasilkan suatu produk sampingan yang mengandung racun. Enzim itu sendiri terdiri dari dua jenis yaitu apoenzim dan gugus prostetik. Selanjutnya kita bahas tentang fungsi enzim.

Fungsi enzim

Enzim merupakan salah satu unsur yang paling penting di dalam tubuh untuk berproses. Maka dari itu, kita perlu mengetahui tentang fungsi enzim bagi tubuh. Fungsi enzim yaitu sebagai suatu katalis atau sebagai suatu senyawa yang dapat digunakan untuk mempercepat terjadinya suatu proses reaksi tanpa menghabiskan dirinya sendiri habis pada saat proses reaksi itu terjadi. Zat yang paling penting ini berfungsi untuk melepaskan suatu molekul uap air yang ada dalam tubuh, dan juga pelepasan unsur serta zat kimiawi yang lainnya. melepaskan jenis molekul molekul dan juga melepaskan gugus amin serta masih banyak lagi yang lainnya.

Semua pelepasan yang terjadi itu memiliki tujuan untuk memperlancar suatu proses pencernaan dan juga metabolisme yang ada dalam tubuh. Enzim bisa juga digunakan untuk mengolah zat zat yang baru masuk dalam tubuh sehingga akan segera ada suatu prosesyang lainnya yang akan berubah. Misal nya saja pada gula. Dengan adanya enzim dalam tubuh kita, maka kita akan dapat merasakan rasa manis yang terkandung di dalam gula itu. Enzim yang memiliki fungsi sebagai bahan penghancur makanan pada saat terjadi proses pengunyahnya dalam mulut. Seluruh rangkaian kinerja yang ada pada organ tubuh akan dibantu oleh enzim. Itu adalah fungsi dari enzim, lalu apa fungsi enzim amilase? Fungsi enzim amilase akan dijelaskan dibawah ini.

Fungsi enzim amilase

Fungsi enzim amylase yang utama adalah untuk memecahkan pati, dan enzim ini akan menghasilkan gula yang sifatnya sederhana seperti, maltosa, fruktosa, dekstrin, dan juga glukosa. Fungsi enzim amylase ini sering terjadi di dalam tubuh setiap manusia, namun juga dimasukkan untuk dipakai pada pengolahan makanan dan juga minuman serta pada pengolahan industri yang lainnya.