Area Baca

9/19/2015

Macam Macam Gerak Pada Tumbuhan Dan Hewan

Macam macam gerak pada tumbuhan dan hewan – Tumbuhan dan hewan dan adalah jenis makhluk hidup. Maka drai itu tumbuhan dan hewan juga memiliki ciri ciri dari makhluk hidup seperti manusia yaitu salah satunya adalah gerak. Gerak adalah salah satu ciri ciri dari makhluk hidup. Seperti yang kita ketahui bersama jika makhluk hidup itu melakukan gerak sama halnya dengan tumbuhan dan hewan.

Tumbuhan yang ada di dunia ini juga melakukan gerak namun gerak yang dilakukan oleh tumbuhan itu tidak seperti gerak yang dilakukan oleh hewan dan juga manusia. Pada kesempatan ini saya hanya akan mengulas gerak yang terjadi pada tumbuhan dan juga hewan. Untuk lebih jelasnya simaklah penjelasannya pada uraian dibawah ini.

Macam macam gerak pada tumbuhan

Apa saja macam macam gerak pada tumbuhan? Jika dilihat dari ada atau tidaknya rangsangan, maka gerak pada tumbuhan dapat dibagi menjadi dua macam yaitu gerak endonom dan juga gerak etionom.berikut adalah penjelasan dari kedua macam gerak tersebut :
  • Gerak endonom adalah suatu gerak yang dilakukan oleh tumbuhan tanpa adanya suatu pengaruh yang dihasilkan dari luar. Atau gerakan non pengaruh dari faktor luar. Misalnya saja adalah gerakan pada saat mengalirnya zat protoplasma yang bisa untuk dilihat dalam sel sel Elodia dan juga gerak kromosom pada saat melakukan pembelahan. Adapun gerak yang terjadi pada saat pecahnva kulit pada buah polong polongan yang telah kering serta gerak membukanya gigi pada peristom yang ada di sporangium lumut itu disebut dengan gerak higrokopis. Gerakan ini banyak disebabkan karena berkurangnya jumlah air yang secara terus menerus, dan mengakibatkan biji, atau sporangium pada tumbuhan tersebut menjadi retak.
  • Gerak etionom adalah suatu gerakan yang terjadi karena adanya pengaruh dari luar. Rangsangan dari luar tubuh tumbuhan yang dimaksud bisa saja berupa fisik, mekanik maupun kimia. Rangsangan fisik, contohnya saja adalah adanya cahaya, suhu, serta adanya gravitasi. Contoh rangsangan mekanik yaitu adanya sentuhan dan juga tiupan angin, adapun contoh rangsangan dari kimia yaitu kadar racun serta pupuk. Cepat maupun lambatnya sebuah reaksi tersebut akan sangat tergantung pada sebuah kekuatan dan juga Iamanya rangsangan itu.

Gerak pada hewan

Hewan juga melakukan gerak seperti halnya dengan manusia dan juga tumbuhan, hal ini disebabkan karena hewan juga termasuk salah satu jenis makhluk hidup. Jika diatas telah saya jelaskan tentang macam macam gerak pada tumbuhan, berikut ini adalah macam macam gerak pada hewan. Gerak pada hewan diantaranya adalah sebagai berikut : 
  • Gerak sadar yaitu suatu gerakan yang dilakukan secara sadar oleh stiap hewan guna melakukan perpindahan tempat atau perubahan posisi tubuh. Gerakan ini dilakukan oleh semua hewan baik itu hewan vertebrata ataupun hewan invertebrate
  • Gerak non sadar yaitu suatu gerakan yang dilakukan tanpa kesadaran dari hewan tersebut. Gerakan non sadar ini disebut dengan gerakan reflek.