Area Baca

9/21/2015

Proses Terjadinya Fotosintesis Pada Tumbuhan

Proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan – Siapa sih yang tidak mengenal tumbuhan? Hampir semua orang yang hidup didunia ini pasti mengenal yang namanya tumbuhan. Ya, tumbuhan adalah salah satu jenis dari makhluk hidup yang dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia. Tumbuhan tumbuhan yang ada di muka ini dapat bermanfaat untuk kehidupan manusia, baik itu untuk keperluan makan ataupun untuk keperluan yang lainnya seperti untuk pembangunan dan lain lain.

Tahukah anda jika setiap tumbuhan yang ada di dunia ini melakukan proses fotosintesis. Apakah itu fotosintesis? Dan bagaimanakah proses terjadinya fotosintesis tersebut? Mungkin kedua pertanyaan tersebut sekarang ada di benak atau difikiran anda. untuk dapat menjawab ke dua pertanyaan tersebut tadi diatas, anda harus menyimak baik baik penjelasan yang ada pada uraian di bawah ini.

Proses fotosintesis pada tumbuhan

Proses fotosintesis pada tumbuhan. Sebelum saya menjelaskan lebih lanjut tentang proses terjadinya fotosintesis tersebut, saya jelaskan dulu tentang pengertian dari fotosintesis. Pengertian dari fotosintesis adalah salah satu proses biokimia untuk pembentukan zat makanan berupa karbohidrat yang dilakukan oleh tumbuhan, yang paling utama adalah oleh tumbuhan yang banyak mengandung zat hijau daun ataupun disebut juga dengan istilah klorofil dengan memanfaatkan energy cahaya dan juga zat karbon dioksida.

Proses fotosintesis pada tumbuhan ini hanya akan berlangsung pada setiap jenis makhluk hidup autotrop atau pada makhluk hidup yang bisa untuk membuat makanan sendiri. Dalam hal ini berarti termasuk di dalamnya adalah jenis tumbuhan hijau serta alga hijau. Dan pada intinya yaitu mereka mereka tumbuhan yang banyak mengandung zat klorofil atau zat hijau daun didalam tubuhnya hanya untuk kepentingan fotosintesis. Nah, jika anda sudah mengetahui tentang pengertian fotosintesis, maka untuk selanjutnya akan saya jelaskan tentang proses terjadinya fotosintesis.

Proses terjadinya fotosintesis

Proses terjadinya fotosintesis yaitu terjadi pada kloroplas pada tumbuhan yang banyak mengandung zat hijau daun atau disebut juga dengan klorofil. Untuk melakukan kegiatan fotosintesis maka tumbuhan tersebut membutuhkan air, karbon dioksida, dan juga membutuhkan bantuan energy yang berasal dari cahaya matahari untuk dapat berfotosintesis. Fotosintesis terjadi pada kloroplas dalam tubuh tumbuhan yang banyak mengandung zat klorofil, seperti yang sudah saya jelaskan tadi di atas. Klorofil yang akan segera untuk menyerap cahaya dan kemudian nantinya cahaya tersebut akan digunakan untuk proses kegiatan fotosintesis. Reaksi yang terjadi pada proses terjadinya fotosintesis menurut ilmu kimia adalah 6H2O + 6CO2 + cahaya → C6H12O6 (glukosa) + 6O2.

Glukosa dalam hal ini akan dipakai untuk membentuk suatu senyawa organik yang lain misalnya adalah senyawa selulosa serta dapat juga digunakan untuk bahan bakar. Proses terjadinya fotosintesis pada tumbuhan tersebut berlangsung melalui proses respirasi seluler yang sering kali terjadi tumbuhan ataupun juga pada hewan. Jika dilihat secara umum proses atau reaksi yang sering terjadi dalam respirasi seluler itu merupakan kebalikan dengan adanya persamaan yang ada di atas. Pada proses respirasi, gula atau glukosa serta senyawa yang lain akan bereaksi menggunakan oksigen guna menghasilkan zat karbondioksida, air, serta energi kimia.