Area Baca

10/06/2015

Contoh Tumbuhan Paku

Contoh tumbuhan paku – Pada kesempatan ini saya akan membahas seputar tumbuhan paku. Pada kesempatan yang lalu saya juga telah membahas seputar tumbuhan paku tepatnya tentang klasifikasi tumbuhan paku. Nah, untuk kesempatan yang satu ini saya akan bahas tentang contoh tumbuhan paku.
 
Anda pasti sudah tahu dong tumbuhan paku itu seperti apa? Tumbuhan paku dulunya banyak kita jumpai di lingkungan sekitar. Pada dasarnya tumbuhan paku itu ada banyak sekali jenisnya, maka dari itu di kesempatan ini saya akan bahas tentang contoh tumbuhan paku.

Tumbuhan paku

Tumbuhan paku atau disebut Pteridophyta. Tumbuhan ini memiliki ciri ciri sebagai berikut :
  • Pteridophyta atau tumbuhan paku adalah jenis organisme yang multiseluler dan juga eukariotik.
  • Tumbuhan paku atau pteridophyta telah memiliki akar, memiliki daun, dan juga memiliki batang yang jelas. 
  • Sistem reproduksi atau sistem perkembangbiakan pada tumbuhan paku dilakukan secara metagenesis, yaitu akan terjadi pada pergiliran keturunan yaitu antara fase sporofit yang telah diploid atau disebut 2n dan juga fase gametofit yang haploid atau disebut n. Dalam Fase sporofit itu akan jauh lebih dominan atau waktu untuk hidupnya jauh lebih panjang.
Seperti yang sudah disebutkan diatas bahwa tumbuhan paku tersebut telah memiliki struktur akar, batang, dan juga daun. Struktur akar pada tumbuhan paku berbentuk seperti serabut dan pada bagian ujungnya ada kaliptra atau tudung akar. Pada jaringan akar yang ada di tumbuhan paku itu tersusun dari jaringan epidermis, jaringan korteks, dan juga silinder pusat.

Adapun struktur batang pada tumbuhan paku tersusun dari jaringan epidermis, jaringan korteks, dan serta silinder pusat. Dalam silinder pusat ada sebuah jaringan pengangkut atau pembuluh angkut, sehingga tumbuhan paku telah memiliki pembuluh angkut sendiri. Yang terakhir adalah struktur daun. Daun pada tumbuhan paku juga tersusun dari jaringan epidermis, jaringan mesofil, dan juga pembuluh angkut. Nah, setelah anda mengetahui tentang ciri ciri dari tumbuhan paku, selanjutnya akan saya jelaskan tentang contoh tumbuhan paku.

Contoh tumbuhan paku

Tumbuhan paku dapat kita jumpai dalam kehidupan sehari hari, sebab tumbuhan paku adalah jenis tumbuhan yang paling banyak ekosistemnya di dunia ini. Tumbuhan paku itu sendiri ada tiga macam, berikut adalah contoh tumbuhan paku yang ada di dunia ini diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Jenis tumbuhan paku homospora. Jenis tumbuhan paku yang satu ini merupakan jenis tumbuhan yang menghasilkan spora yang memiliki ukuran yang sama dan tidak bisa untuk dibedakan antara jenis spora yang jantan dan spora yang betina. Contoh tumbuhan paku jenis homospora adalah Lycopodium sp atau dikenal juga dengan paku kawat.
  2. Jenis tumbuhan paku heterospora yaitu jenis tumbuhan yang menghasilkan jenis spora dengan ukuran yang berbeda. Contoh tumbuhan paku jenis heterospora adalah paku rane, semanggi dan lain lain. 
  3. Jenis tumbuhan paku peralihan. Contohnya adalah paku ekor kuda.