Area Baca

11/11/2015

Alat - Alat Peredaran Darah pada Manusia

Alat - Alat Peredaran Darah pada Manusia - peradaran darah yaitu dimulai dari jantung beredar ke seluruh tubuh dan mulai lagi dari seluruh tubuh menuju jantung, prosesnya terus berputar. Proses ini memfungsikan alat-alat perdaran darah pada manusia, darah terdiri dari sel darah yang juga terdapat bagian dan fungsi masing-masing. Dalam mengobati luka, ada yang namanya proses pembekuan pada darah, hal ini terjadi atas bantuan pembuluh darah. Jadi selain jantung alat peredaran darah lainnya adalah pembuluh darah. Berikut penjelasannya:

1. Jantung

Jantung pada manusia letaknya ada di dalam tubuh yaitu pada rongga bagian dada sebelah kiri. Jantung pada tubuh manusia disebut pusat peredaran darah yaitu untuk memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Kira-kira jantung pada manusia memiliki berat 300 gr besarnya se telapak tangan pemilik jantung tersebut. Jantung terdiri dari ruang-ruang yang dibagi menjadi empat bagian, yaitu biliki kiri dan bilik kanan serta serambi kiri dan serambi kanan. Otot pada jantung dinamakan miokardia. Baca: Fungsi Sistem Peredaran Darah

Diantara bagian antara kiri dan kanan ada sekat yang berfungsi sebagai batas, serta pada bagian serambi dan bilik juga terdapat katup. Fungsinya agar darah yang membawa oksigen dengan darah yang membawa karbon dioksida tidak bercampur-campur, selain itu fungsinya adalah agar darah yang sudah di proses yaitu darah yang sudah mengandung oksigen tidak kembali lagi ke serambi saat bilik menjalankan fungsinya yaitu memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Tak heran jika otot jantung lebih kuat dan tebal.

Apabila kita ingin mengetahui denyut jantung pada manusia, kita dapat melihatnya dari denyut nadi seseorang. Denyut nadi terjadi saat jantung memompanya ke bagian nadi, perjalanan itu membuat nadi ikut berdenyut. Denyut nadi dapat diperiksa melalui pergelangan tangan atau pada bagian leher karena di situ akan terasa dengan jelas.

Denyut jantung dapat berubah-ubah kecepatannya, hal ini tergantung aktivitas yang seseorang kerjakan pada saat itu, apakah dia sedang bersantai, berolahraga, atau sedang tidur. Saat sedang tidur denyet jantung agak lemah kurang lebih 60 kali. Hal ini agar kerja jantung tidak berat dan tubuh dapat beristirahat.

2. Pembuluh Darah

Pembuluh darah merupakan bagian dari alat peredaran darah lainnya selain jantung. Yaitu dijadikan tempat darah mengalir ke seluruh bagian tubuh. Pembuluh darah terdiri atas pembuluh nadi yang berisi oksigen dan pembuluh balik yang berisi karbon dioksida. Baca: Bagian - Bagian Darah

Pembuluh nadi dan pembuluh balik merupakan hal terpenting dalam peredaran darah manusia, pembuluh ini tidak dapat dipisahkan dari jantung. Setelah dipompa dari jantung, darah akan berjalan pada pembuluh tersebut.

Alat yang mengukur tekanan pada darah adalah tensimeter. Jantung akan mengembang dan mengempis saat berkontraksi atau relaksasi , hal ini akan terjadi denyutan pada jantung dan nadi.