Area Baca

11/02/2015

Pengertian Norma Kesopanan, Kesusilaan dan Sosial

Pengertian Norma Kesopanan, Kesusilaan dan Sosial - Norma kesopanan merupakan peratura-peraturan masih berkaitan dengan norma sosial yaitu bagaimana seharusnya orang bertingkah laku secara wajar didalam masyarakat. Norma kesopanan dibuat oleh masyarakat itu sendiri agar dapat mengatur masyarakat tersebut dalam berhubungan dengan masyarakat lainnya, sehingga setiap anggota masyarakat dapat saling menghormati dalam berinteraksi.  Jadi apabila orang berperilaku tidak sopan akan dicela, dihardik dan ditegur oleh masyarakat lainnya.

Norma kesopanan pada hakikatnya mengacu pada perilaku yang pantas, yang patut dan yang seharrusnya dilakukan oleh seseorang dalam berperilaku. Biasanya norma kesopanan lebih dikenal denga sebutan sopan santun atau orang jawa menyebutnya tata krama. Setiap daerah memiliki penilaian sendiri tentang norma kesopanan, jadi nilai kesopanan dapat berbeda-beda setiap daerah. Cotoh norma kesopanan misalnya: memberi, dan menerima sesuatu dari orang lain dengan tangan kanan, bertutur kata yang baik saat berbicara dengan orang yang lebih tua, memakai pakaian yang sekiranya pantas di pakai di muka umum.

Ciri-ciri norma kesopanan antara lain :

· Norma kesopanan berasal dari hasil pergaulan yang sekiranya dianggap baik dan pantas dilakukan

· Norma kesopanan biasanya berkaitan dengan sesuatu yang lokalatau sesuatu yang berkaitan dengan daerah tersebut

· Sanksi dalam norma kesopanan dapat berupa apa saja, misalkan hinaat atau teguran.

Pengertian Norma Kesusilaan

Pengertian norma kesusilaan adalah salah satu norma yang mengatur tentang tata kelakuan masyarakat secara umum, norma kesusilaan berasal dari hati yang paling dalam. Norma kesusilaan memiliki tujuan yaitu untuk menciptakan keharmonisan anatr anggota masyarakat. Sedangkan bagi yang melanggar norma kesusilaan adalah pelanggaranya akan merasakan perasaan bersalah serta tidak tentram hatinya. Contoh norma kesusilaan misalnya: selalu berkata jujur, memberikan bantuan kepada orang yang membutuhkan bantuan kita, tidak mengusik kehidupan orang lain, tidak mencampuri urusan orang lain, menepati janji bagi yang berjanji, membayar hutang bagi yang berhutang.

Pengertian Norma Sosial

Pengertian norma sosial adalah norma yang yang didapatkan dari hasil berinteraksi bagaimana seharusnya orang bersosilisasi. Norma sosial merupakan harapan-harapan setiap orang di dalam suatu masyarakat dalam melakukan interaksi dengan sesamanya, tujuannya adalah harapan masyarakan tentang kehidupan yang nyaman, tentram dan baik dapat terwujud. Norma sosial biasa didaatkan dari penularan mulut ke mulut, perilaku ke perilaku intinya norma sosial tidak tertulis. Norma sosial biasanya merupakan sekumpulan perilaku yang dianggap baik dan positif oleh masyarakat sehingga di pertahankan dan dikerjakan secara berulang-ulang sehingga lambat laun menjadi suatu peraturan. Norma ini dibuat agar masyarakat dapat bersosialisasi dengan nyaman dan tidak mengganggu hak orang lain. Agar warganya mengerti tentang norma ini, norma ini harus ditularkan atau diberitahukan, tentang apa isi norma sosila ini, apa manfaatnya serta apa sanksinya. Hanya saja selama ini norma sosila diumumkan melalui mulut ke mulut saja.

Norma sosial merupakan norma yang dibuat agar seseorang dapat menjadikan norma ini menentukan mana yang baik dan tidak baik dilakukan saat berinteraksi. Norma sosial dijadikan sebagai acuan ketika melakukan interaksi sosial.