Area Baca

11/21/2015

Sistem Peredaran Darah pada Hewan

Sistem peredaran pada darah pada hewan - Selain manusia, hewan juga memiliki sistem peredaran darah di didalam tubuhnya sehingga membantu hewan untuk bertahan hidup. Namun setiap hewan memiliki sistem peredaran darah yang berbeda-beda. Berikut penjelasan sistem peredaran darah pada hewan:

1. Aves atau burung

Pada aves, sistem peredaran darahnya dimulai dari bilik kiri menuju ke pembuluh nadi, dan akan beredar ke seluruh tubuh, setelah mengalir ke seluruh tubuh, darah akan mengalir pada pembuluh balik untuk menuju ke jantung bagian serambi kanan dan bilik kanan. Setelah dari jantung, darah akan menuju nadi paru-paru hingga mencapai paru-paru sehingga dapat mengeluarkan udara yang tak terpakai, lalu paru-paru akan menghirup oksigen dan dibawa oleh pembuluh balik paru-paru menuju serambi kiri dan ke bilik kiri, begitulah seterusnya. Sistem peredaran darah pada hewan jenis ini sama seperti sistem peredaran darah pada manusia. Baca: Macam Macam Sel Darah dan Fungsinya

2. Reptil


Reptil merupakan hewan yang melata. Pada hewan jenis ini, sistem peredaran darahnya terdiri dari jantung serta pembuluh darah. Perjalanan sistem peredaran darah pada reptil sama dengan sistem peredaran darah pada aves. Namun reptil memiliki sekat yang tidak sempurna. Darah yang mengandung karbondioksida akan mengalir ke serambi kanan hingga ke bilik kanan, dari bilik kanan aka di alirkan ke paru-paru untuk dikelurkan, dan menghirup oksigen kembali untuk dialirkan ke serambi kiri menuju bilik kiri dan akhirnya mengalir kembali ke seluruh tubuh reptil.

3. Amphibi

Pada ampibi terdapat plasma darah dan sel-sel darah. Pada ampibi, jantungnya hanya memiliki 3 runag saja, yaitu 2 serambi kanan da kiri dan 1 bilik. Sebelum darah masuk ke jantung darah akan melewati porta hepatika untuk membawa nutrisi dari pencernaan. Bilik akan mendapatkan darah dari serambi kanan dan kiri. Sehingga akan terjadi pencampuran antara darah yang mengandung karbondioksida dan darah yang mengandung oksigen.

4. Pisces

sistem peredaran darah pada pisces terdiri dari jantung serta pembuluh darah. Jantung pisces terletak di rongga perikardium, yang letaknya berada di dekat insang. Jantung pisces terdiri dari bilik dan serambi, yang dibatasi oleh klep. Darah yang berasal dari serambi akan di pompa menuju bilik, untuk dialirkan ke insang melalui pembuluh nadi yang dimiliki insang. Darah yang berasal dari insang akan oarta kumpulkan untuk dialirkan ke seluruh tubuh pisces. Setelah itu pembuluh balik akan membawa karbondioksida untuk dibawa kembali ke jantung.

5. Serangga


sistem peredaran darah pada serangga hanya mengangkut sari-sari makanan tanpa mengandung oksigen. Sedangkan oksigen akan dialirkan melalui trakea yang dimiliki serangga. Jantung serangga hanya berupa pembuluh yang berguna untuk masuknya darah keseluruh tubuh serangga. Jantung pembuluh ini merupakan oarta terbuka pada bagian depan, dan tertutup rapat bagian belakangnya. Jadi darah akan mengalir ke seluruh tubuh melalui oarta untuk di distribusikan ke sel-sel yang ada di dalam tubuh serangga.

6. Cacing
sistem peredaran darah pada cacing hanya berbentuk lengkungan-lengkungan oarta yang berjumlah 5 pasang. Oarta ini memiliki fungsi seperti jantung, oarta akan mengalirkan darah pada pembluh darah.

7. Protozoa
Darah pada protozoa berupa protoplasma, berbentuk cairan kental. Jadi nutrisi akan diserap oleh protoplasma untuk dialirkan ke seluruh tubuh. Zat yang tidak diperlukan akan dibuang melalui membran. Baca: Alat - Alat Peredaran Darah pada Manusia

Itulah sistem peredaran darah pada hewan semoga bermanfaat.