Area Baca

11/25/2015

Sistem Sirkulasi Darah pada Manusia

Sistem Sirkulasi Darah pada Manusia - Pada dasarnya sistem peredaran darah fungsi utamanya adalah untuk mengedarkan darah yang mengandung oksigen ke seluruh tubuh serta membawa darah yang mengandung oksigen dan zat-zat yang tidak di perlukan oleh tubuh untuk dibuang melalui saluran pembuangan seperti paru dan usus. Sistem sirkulasi pada manusia memiliki 3 komponen penting yaitu jantung, darah dan pembuluh darah.

1. Jantung

Jantung merupakan salah satu alat fital yang ada didalam tubuh manusia. Jantung letaknya ada di rongga dada agak ke kiri. Jantung dilindungi oleh perikardium yang membentuk membran yang menyelimuti jantung.

Jantung memiliki 4 ruang yang memiliki fungsi penting dalam membantu sistem sirkulasi darah pada manusia. Empat ruang tersebut antara lain terdiri dari bilik kanan serta bilik kiri dan serambi kanan serta serambi kiri.

Bilik kiri memiliki tugas lebih berat karena harus memompa lebih kuat dari pada bilik kanan, bilik kiri memompa darah harus dengan tekanan yang kuat agar darah dapat mengalir ke seluruh tubuh. Sedangkan bilik kanan bertugas untuk memompa darah dari jantung ke paru-paru.

Darah yang mengadung kadar karbondioksida yang tinggi akan masuk kepada jantung sebelah kanan yaitu dimulai dari serambi kanan dan akan melewati sekat trikuspid sehingga darah akan sampai pada bilik kanan.

Pada serambi kiri, darah akan mengalir ke bilk kiri dengan melewati sekat bikuspid. Jantung akan melakukan kontraksi untuk menutup sekat bikuspid dan membuka sekat aortik yang memudahkan darah untuk masuk ke oarta. Pada oart terdapat cabang yang akan membawa darah menuju ke arteri korener sebelah kiri dan arteri koroner sebelah kanan. Arteri koroner merupakan arteri yang menutrisi jantung. Arteri koroner akan menuju ke arteri arteriol untuk membawa darah kepada pembuluh kapiler dan darah akan menuju vena dengan bantuan venul.

Jantung memiliki denyutan yangbberbeda-beda pada setiap orang. Hal ini tergantung pada umur, bahan yang dikonsumsi dan kegiatan yang sedang dilakukan. Semakin bertambah umur seseorang akan semakin menurunkan denyut jantung , 60-70 kali permenit. Keadaan ini sama dengan keadaan saat seseorang sedang beristirahat. Denyut jantung akan melemah, hal ini sebagai usaha untuk mengistirahatkan tubuh.

Darah pada tubuh manusia dapat mengalir karena pompaan dari bilik kiri dengan adanya bantuan kontransi dapat jantung. Saat jantung melakukan kontraksi, darah akan mengalir dengan kecepatan sangat tinggi, sehingga darah dapat mengalir ke seluruh tubuh. Baca: Sistem Peredaran Darah pada Manusia

2. Darah

Darah merupakan media yang dapat mengalirkan serta menghantarkan berbagai kandungan dan zat yang diperlukan oleh tubuh. Darah akan mengalir ke seluruh tubuh dengan membawa oksigen dan zat yang diperlukan oleh tubuh. Setelah semua organ mendapatkan apa yang diperlukannya, darah akan mengikat kembali karbon dioksia dan zat yang sudah tidak diperlukan oleh tubuh untuk dibuang dari dalam tubuh.

3. Pembuluh darah
Pembuluh darah merupakan alat transportasi, jadi dengan pembuluh darah, darah dapat mengalir dan mengedarkan zat yang diperlukan tubuh dan membuang zat yang sudah tidak diperlukan tubuh. Tanpa pembuluh darah, darah tidak dapat menjalankan tugasnya dengan baik. Baca: Sirkulasi Darah dan Jantung

Itulah penjelasan mengenai sistem sirkulasi darah pada manusia yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat.