Area Baca

12/31/2015

Bagian - Bagian Telinga dan Fungsinya

Bagian - Bagian Telinga dan Fungsinya - Telinga merupakan bagian dari pancaindra yang dimiliki makhluk hidup yang dapat bergerak, telingan berfungsi sebagai alat pendengaran, serta menjaga keseimbangan pada tubuh tanpa manusia sadari. Hal ini dikarenakan banyaknya syaraf yang ada pada telinga yang terhubung langsung pada bagian-bagian tubuh.

Teling memiliki sebuah resptor yang berfungsi mengenali getaran yang ada pada suara. Sehingga seseorang daat menangkap suara untuk memahami artinya agar dapat berkomuikasi dengan baik. Namun tidak seluruh pendengaran dapat masuk ke telinga, hal ini dikarenakan telinga yang memiliki batassan untuk mendengar, frekuensi pada telinga sekitar 20 Hz – 20.000 Hz.

Fungsi telinga antara lain : 

  • Telinga dapat dijadikan alat untuk mengatur keseimbangan tubuh makhluk hidup, keseimbangan ini berhubungan dengan otak, hal ini dikarenakan syaraf yang ada pada otak terhubung langung pada telinga. 
  • Telinga merupakan alat Pendengaran, Telinga memiliki fungsi sebagai alat pendengaran, sehingga apabila telinga mendengar gelombang suara yang dapat masukke dalam daun telinga, suara tersebut akan diproses dan diterima oleh otak. 
Pada umumnya telinga terbagi menjadi tiga bagian besar, yaitu bagian luar telingayang sering disebut dengan daun telinga, bagian kedua adalah bagian tengah teinga, serta bagian ketiga merupakan bagian dalam telinga. Setiap bagian memiliki fungsi masing-masing. Baca: Bagian - Bagian Darah dan Fungsinya

Berikut penjelasan bagian-bagian telinga:

1. Telinga bagian luar

Telinga bagian luar memiliki susunan yang dimulai dari daun telinga atau yang sering disebut dengan aurikula, susunan selanjutnya adalah saluran telinga luar atau yang sering disebut dengan analis auditoris eksternal, serta bagian gendang telinga atau yang sering disebut dengan Membran Timpani, membran ini yang membatasi telinga bagian luar dengan telinga bagian tenga dan bagian dalam.

Daun Telinga dibentuk dari beberapa susunan tulang rawan yang berbentuk khas, fungsinya adalah memusatkan gelombang suara yang da disekitar daun telinga untuk masuk ke saluran telinga. Pada bagian ini terdapat kelenjar sudorifera yang merupakan kelenjar penghasil serumen, serumen inilah yang melindungi telinga dari serangan kotoran maupun serangga.

Sedangkan untuk Membran Timpani berfungsi untuk menangkap suatu gelombang suara yang muncul disekitar telinga.

2. Telinga bagian tengah

Telinga bagian tengah merupakan suatu rongga, rongga tersebut berisi sejumlah udara, sehingga udara tersebut tetap terjag tekanannya agar tetap seimbang. Fungsi dari telinga bagian tengah itu sendiri adalah meneruskan getaran suara yang diterima dari Telinga bagian Luar. Pada telinga bagian ini terdapat bagian yang bernama Tuba Eustachius, yang merupakan penghubung telinga dan rongga mulut atau yang sering disebut faring). Bagian tengah ini terdiri dari Maleus, Incus, serta Stapes.

3. Telinga bagian dalam

Telinga bagian dalam tersusun dari tulang dan bagian membran. Bagian ini juga sering disebut sebagai labirin, hal ini dikarenakan bentuknya yang seperti labirin. Labirin tersebut terdiri dari :

· Koklea yang memiliki pendengaran

· Vestibuli Koklea yang memiliki menjaga keseimbangan

· Kanalis Semisirkularis Koklea yang memiliki menjaga keseimbangan