Area Baca

12/27/2015

Candi Peninggalan Agama Hindu Budha

Candi Peninggalan Agama Hindu Budha - Ada beberapa candi yang didirikan oleh kerajaan-kerajaan yang ada di Indonesia, berikut beberapa candi peninggalan agama hindu budha:

1. Candi Borobudur
Candi Borobudur terletak di Magelang, Jawa Tengah. Candi ini didirikan oleh peganut Mahayana pada abad ke 8 masehi. Candi borobudur memiliki bentuk seperti punden berundak, punden berundak candi borobudur terdiri dari 6 tingkat yang bentuknya seperti bujur sangkar, serta tiga tingkat diatasnya memiiki bentuk bundar melingkar dan memiliki sebuah stupa utama yang dijadikan sebagai puncaknya.

2. Candi Mendut

Candi Menduk terletak di daerah Mendut, Magelang Jawa Tengah. Letaknya berdekatan dengan candi Borobudur. Candi ini berdiri saat pemerintahan Raja Indra dari syailendra. Candi Mndut memiliki hiasan yang berselang-seling dan dihiasi dengan beerapa ukiran berupa bidadari-bidadari dari khayangan serta patung berbentuk dua ekor kera dan 1 ekor Garuda.

3. Candi Ngawen

Candi ngawen letaknya tak jauh dari candi Mendut, sekitar 5 Km tepatnya berada di desa ngawen, Magelang Jawa Tengah. Candi Ngawen dibuat oleh Syailendra pada abad ke 8 Masehi. Candi ngawen terdiri dari beberapa candi kecil sebanyak 5 candi yang memiliki bentuk yang berbeda-beda. Candi Ngawen dihiasi oleh patung berbetuk singa pada setiap sudutnya dan patung Budha yang duduk di Ratnasambawa, patung ini sudah tidak memiliki kepala.

4. Candi Lumbung

Candi Lumbung didirikan sekitar abad ke 9 Masehi. Candi ini berada di dekat candi Bubrah di lokasi candi Prambanan. Candi Lumbung dihiasi dengan candi-candi kecil sebnyak 16 buah. Baca: Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

5. Candi Banyu Nibo
Candi Banyu Nibo didirikan pada abad ke 9 masehi. Letak candi Banyu Nibo berada dekat dengan candi Ratu Boko yang terletak di daerah istimewa Yogyakarta. candi Banyu nibo memiliki Stupa dibagian atasnya.

6. Candi Batujaya
Candi Batujaya terletak di daerah Batujaya, Karawang Jawa Barat. Candi Batujaya merupakan sekumpulan candii yang sudah tidak utuh lagi bentuknya.

7. Candi Muara Takus
Candi Muara Takus terletak di Muara Takus, Riau. Candi Muara Takus dikelilingi oleh sebuah tembok

8. Candi Sumberawan
Candi Sumberawan terletak di daerah Singosari, Malang, tepatnya di desa Toyomarto. Candi ini hanya berbentuk stupa yang terbuat dari andesit.

9. Candi Prambanan
Candi Prambanan terletak Jawa Tengah. Candi ini merupakan persyaratan yang diberikan kepada Bandung Bondowoso oleh Roro Jongrang.

10. Candi Gedong Songo
Candi Gedong Songo terletak di daerah semarang tepatnya di desa Candi Ambarawa, sekitar 1.200 meter diatas laut. Candi ini terdiri dari 5 buah candi yang tersebar di sepanjang Gunung Ungaran. Candi ini memiliki bentuk yang mirip dengan candi di Wonosobo yaitu candi dieng.

Itulah beberapa candi peninggalan agama hindu budha semoga bermnfaat. Baca: Kerajaan Hindu Budha di Indonesia