Area Baca

12/23/2015

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia

Kerajaan Hindu Budha di Indonesia - Agama Hindu dan agama Budha merupakan agama yang berasal dari India. Persebarannya dikarenakan dibawa oleh beberapa golongan yaitu golongan ksatria, golongan waisya, golongan brahmana serta golongan campuran. 

Berikut bebrapa kerajaan Hindu Budha di Indonesia:


1. Kerajaan Kutai


Kerajaan Kutai didirikan oleh Kudunga pada abad ke 4 masehi di daerah Muara Kaman, Kec. Kalimantan Timur. Kerajaan Kutai meninggalkan beberapa peninggalan sejarah antara lain: tujuh prasasti yang salah satunya menceritakan tentang raja Kudunga memiliki seorang anak bernama Asmawarman. Baca: Kerajaan di Indonesia


2. Kerajaan Tarumanegara


Kerajaan Tarumanegera didirikan oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman pada tahun 358 masehi di Jawa Barat. Kepemimpinannya dimulai oleh Rajadirajaguru Jayasingawarman sendiri yang dilanjutkan oleh putranya yaitu raja Dharmayawarmandan dilanjutkan oleh Maharaja Purnawarman. Kerajaan Tarumanegera meninggalkan 7 prasasti diataranya: Prasasti Munjul atau Prasasti Cidanghiang, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Muara Cianten, Prasasti Tugu, Prasasti Ciaruteun, Prasasti Jambu, Prasasti Pasir Awi.


3. Kerajaan Sriwijaya


Kerajaan Sriwijaya merupakan kerajaan Budha yang ada di Indonesia yag didirikan pada abad ke 7 masehi. Kerajaan Sriwijaya diperintah oleh raja Sri Jaya Naga dan raja Bala putra Dewa. Kerajaan Sriwijaya meninggalkan beberapa peninggalan berupa prasasti antara lain: Prasasti Talang Tuwo, Prasasti Karang Birahi, Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Kota Kapur, Prasasti Ligor, serta Prasasti Telaga Batu. Ada pula peninggalan erupa candi, yaitu: Candi Muaro Jambi, Biaro Bahal, serta Candi Muara Takus.


4. Kerajaan Mataram ( Hindu-Budha )


Kerajaan Mataram didirikan pada abad ke 7 masehi yang diperintah oleh raja Sanna. Setelah beliau wafat, tahtanya digantikan oleh ponakannya yang bernama Sanjaya. Selanjutnya kerajaan Mataram dikuasai oleh keturunan Sanjaya setelah beliau wafat, yaitu Ratu Sanjaya, Rakai Panangkara, Rakai Panunggalan, Rakai Warak, Rakai Garung, Rakai Pikatan, Rakai Kayuwangi, Rakai Watuhumalang serta Sri Maharaja Watukura Dyah Balitung. Peninggalan kerajaan Mataram antara lain: Prasasti Canggal, Prasasti Kedu, prasasti Kelurak, Prasasti Sri Kahulunan. Ada pula peninggalan berupa arca Majusri. 


5. Kerajaan Singasari


Kerajaan Singasari berdiri pada abad ke 12 masehi oleh Ken Arok. Ken Aro meninngal pada tahun 1227 dikarenakan dibunuh oleh Anuspati. Yang kemudian menggantikan kedudukan Ken Arok sebagai penguasa kerajaan Singasari. Kemudian Anuspati digantikan oleh Tohjaya, Putera dari Ken Arok, ia membunuh Anuspti sebagai tindakan balas dendam atas kematian ayahnya. Tohjaya dibunuh oleh Ranggawuni, putera dari Anuspayi dan menggantikan kedudukannya sebagai raja dan menggakat puteranya bernama Kertanegara untuk menggantikannya sebagai raja.


6. Kerajaaan Majapahit


Kerajaan Majapahit didirikan oleh menantu Kertanegara yang melarikan diri disaat ayah mertuanya dibunuh oelh Jayakatwang. Ia melarikan diri ke pulau Madura untuk bertemu Arya Wiraraja untuk meminta bantuan. Atas bantuan dari Arya Wiraraja, Raden wijaya diijinkan untuk membuka hutan tarik, yang berada dekat dengan sungai Brantas. Pembukaan ini di bantu oleh orang Madura dan diberi nama Majapahit. Raden Wijaya berhasil menjadi Raja setelah dapat membunuh Jayakatwang atas tipu muslihat yang didapatkan dari tentara Tartar. Setelah membunuh Jayakatwang dan mengusir tentara Tartar, Raden Wiajaya dinobatkan Menjadi raja Majapahit, dan mendapakan gelar Kertarajasa.

Itulah beberapa kerajaan hindu budha di indonesia semoga bermanfaat. Baca: Peninggalan Kerajaan Samudra Pasai