Area Baca

12/07/2015

Media dan Agen Sosialisasi

Media dan Agen Sosialisasi - media sosialisasi merupakan tempat yang menjadi potensi sosialisasi dapat disebarkan. Berikut beberapa media sosialisasi:

· Media keluarga

Keluarga merupakan tempat pertama anak mendapatkan pendidikan, keluarga merupakan media sosialisasi pertama yang dapat membantu mempersiapkan anak untuk belajar mengenal struktur sosial yang lebih besar. Anak mengenal struktur sederhana di dalam keluarganya, ayah dijadikan tokoh yang berkuasa dan menjadi pemimpin keluarga, seseorang yang mengatur berjalannya hubungan di dalam keluarga. Ibu merupakan tokoh yang selalu siap membantu menyempurnakan peran ayah sehingga mereka dapat bekerja sama dalam mebangun rumah tangga. Seorang anak harus memeatuhi peraturan yang telah dibuat oleh kepala keluarga. Ayah dan ibu memberikan sosialisasi peraturan-peraturan yang harus dipatuhi oleh anak, dalam sosialisasi ini anak juga dikenalkan dalam struktur sosial yang lebih besar, misalnya stingkat RT ada ketua RT yang memberikan sosialisasi untuk menjaga ketentraman lingkungannya, begitu pula dengan yang lainnya.

· Media sekolah

Sekolah merupakna tempat seseorang mendapatkan segala ilmu yang ia butuhkan untuk bekal terjun menjadi bagian dari strukstur sosial yang lebih besar nantinya, sekolah juga menyiapkan anak mendapatkan wawasan yang luas agar dapat menajalankan perannya dengan baik. Di sekolah anak mendapatkan sosialisasi yang dibutuhkan anak, anak diajarkan mentaati peraturan, kemandirian, belajar menjadi pemimpin, wakil, sekretaris, bendahara serta anggota yang wajib membantu perangkat kelas agar sistem yang sudah dibuat dapat berjalan dengan lancar. Di sekolah anak juga mendapatkan pengalaman tentang bersaing yang sehat, saling menghargai, serta menghormati orang lain.

· Group

Kelompokk merupakan tempat seseoarang melepaskan penatnya, biasanya tempat ini merupakan tempat favorit seseorang , karena merasa dihargai dan merasa dia dapat menjadi dirinya sendiri. Seseorang akan menyamakan dirinya dengan anggota kelompok lainnya, agar ia dapat diakui dan dapat bertahan pada kelompok tersbut. Di dalam sebuah kelompok setiap anggota dapat saling mempengaruhi, sehingga secara tidak sadar dapat membentuk kepribadian seseorang

· Media massa

Media massa merupakan salah satu media yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan seseorang di jaman yang modern ini, media massa dirasa sangat penting kehadirannya, untuk memberikan informasi penting yang di butuhkan, dengan media massa seseorang dapat mencari dan melihat apapun yang dia inginkan, baik itu yang positif, negatif ataupun hanya untuk menghibur saja.

· Lingkungan

Lingkungan merupakan tempat seseorang bergaul dengan orang lainnya, tempat seseorang dapat berinteraksi dan bersosialisasi dengan orang yang bukan keluarganya atau orang terdekatnya, amun seseorang mau tidak mau juga harus melakukan interaksi dengan mereka. Baca: Tipe dan Definisi Sosialisasi

Sedangkan agen sosialisasi merupakan seseorang yang dapat melakukan seosialisasi pada orang lain, sehingga orang tersebut dapat terpengaruh pada sosialisasi tersebut.berikut beberapa agen sosialisasi:

· Anggota keluarga

Agen didalam keluarga pada dasarnya merupakan keluarga inti yang tersiri dari ayah, ibu, dan saudara kandug. Namun tada beberapa orang yang tinggal bukan hanya dengan keluarga inti namun juga dengan keluarga lain atau keluarga besar, misalkan kakek, nenek, bibi, paman serta sepupu-sepupu yang tingga di dalam satu rumah. Anggota keluarga inilah yang ditunjuk menjadi agen sosialisasi.

· Guru dan teman sekolah

Guru merupakan agen sosialisasi yang ditunjukk di dunia sekolah, guru merupakan seseorang yang banyak memberikan pengetahuan kepada murid mengenai segala hal. Murid akan bertanya segala sesuatu yang dirasa menjadi pertanyaan penting kepada guru. Selain guru disekolah juga ada agen-agen lain yang dapat melakukan sosialisasi seperti teman sekelas, kakak kelas, kepala sekolah, dan juga pekerja di sekolah.

· Teman sepermainan/ teman nongkrong

Seseorang yang beranjak dewasa akan lebih senang berkumpul dengan teman bermainnya, karena ia merasa dihargai dan diterima didalam kelompok ini, setiap anggota kelompok dapat dengan sangat saling mempengaruhi.

· Media massa
Agen pada media massa dapat dilakukan melalui, televisi, majalah, koran, internet, dan lain sebagainya yang dapat memberikan akses seseorang untuk mendapatkan informasi dengan bebas.

· Anggota lingkungan

Agen dalam lingkungan dapat dilakukan oleh tetangga, pemuka agama, suatu ormas atau organisasi, serta perangkat-perangkat sosial yang ada dimasyarakat. Baca: Pengertian Sosialisasi Menurut Para Ahli