Area Baca

12/19/2015

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli

Pengertian Kepribadian Menurut Para Ahli - kepribadian merupakan sesuatu yang melekat pada diri seseorang, merupakan satu-kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Berikut beberapa pengertian kepribadian menurut para ahli:
  • Pengertian kepribadian menurut Roucek dan Warren adalah suatu gabuangan dari beberapa faktor yang terdiri dari faktor biologis, faktor psikologis, dan faktor sosiologis yang dapat mempengaruhi tingkah laku seseorang. 
  • Pengertian kepribadian menurut Koentjaraningrat adalah susunan dari beberapa unsur yang ada di dalam diri seseorang, seperti unsur akal dan unsur jiwa yang dapat mempengaruhi seseorang bertingkah laku. 
  • Pengertian kepribadian menurut Yinger merupakan perilaku kompleks seseorang yang memiliki kecendrungan bertindak dengan suatu sifat tertentu. 
  • Pengertian kepribadian menurut Theodore M. Newcomb merupakan suatu sekumpulan sikap yang dimiliki oleh individu yang dapat dijadikan sebagai latar belakang dari apa yang dilakukannya. Dengan kata lain kepribadian dapat menunjukkan sikap individu agar dapat melakukan dan merasakan sesuatu sehingga ia dapat menghadapi suatu keadaan. 
  • Pengertian kepribadian menurut M.A.W Brower merupakan corak dari sebuah tingkah laku yang ditimbulkan oleh seseorang yang terdiri dari kekuatan, dorongan, motivasi serta keinginan yang dimiliki seseorang. Baca: Pengertian Perspektif dan Pergaulan Menurut Para Ahli 

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian

  1. Faktor biologis: faktor biologis merupakan faktor yang berasal dari orang tua yang diturunkan kepada anak melalui gen. Setiap manusia di bumi ini memiliki gen yang berbeda anta orang yang satu dengan yang lainnya, gen inilah yang dapat mempengaruhi beberapa karakteristik dari bentuk fisik, sifat maupun kepribadian seorang anak. 
  2. Faktor pengalaman: faktor pengalaman merupakan suatu hal berkesan yang didapatkan oleh seseornag selama ia berinteraksi dengan sesuatu diluar dirinya, misalkan lingkunga dimana ia tinggal akan mengajarkan nilai-nilai tertentu yang tanpa ia sadari akan dapat mempengaruhi pembentukan kepribadiannya. Nilai yang dianut oleh daerah yang satu dengan daerah lainnya memiliki perbedaaan, hal ini menjadikan seseorang yang tinggal di daerah yang berbeda akan memiliki kepribadian yang berbeda pula. Misalkan seseorang yang tinggal di pulau Madura memiliki kepribadian yang keras kepala dan kasar dibandingkan seseorang yang berasal dari daerah Jogja yang memiliki kepribadian yang halus. 
  3. Faktor kebudayaan: kebudayaan merupakan hal yang dijadikan sebagai identitas suatu daerah, sama halnya dengan lingkungan, setiap daerah memiliki kebudayaan yang berbeda-beda. hal ini berkaitan dengan kebiasan yang rutin dilakukan oleh anggota masyarakat. Kebiasaan yang dilakukan berulang-ulang akan tertanam di alam bawah sadar seseorang yang akan mempengaruhi perkembangan kepribadian seseorang.
  4. Faktor kelompok: manusia cenderung hidup berkelompok, hal ini tak lepas karena manusia merupakan makhluk sosial. Kolompok merupakan sekelompok orang yang sering berkumpul bersama dan melakukan suatu kegiatan yang sama, intensitas kebersamaan dan kegiatan yang sama inilah yang dapat mempengaruhi kepribadian seseorang. 
Itulah beberapa pengertian kepribadian menurut para ahli dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian, semoga bermanfaat. Baca: Pengertian dan Bentuk Interaksi Menurut Para Ahli