Area Baca

1/02/2016

Bagian - Bagian Darah dan Fungsinya

Bagian - Bagian Darah dan Fungsinya - Darah merupakan komponen yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Darah manusia terdiri atas beberapa bagian cair yang disebut plasma darah serta beberapa bagian padat yang disebut sel darah. Plasma darah pada manusia sering juga disebut dengan fibrinogen, sedangkan bagian sel darah terdiri dari beberapa bagian yaitu: sel darah merah atau yang sering disebut dengan eritrosit, sel darah putih yang sering disebut dengan leukosit serta keping darah yang disebut dengan trombosit.

Berikut penjelasan tentang bagian darah dan fungsinya.

1. Plasma darah

Plasma darah merupakan bagian dari darah manusia yang berbentuk cair memiliki warna kekuning-kuningan. Plasma darah komponennya terdiri dari 90 persen air serta zat-zat larut lainnya. Fungsi dari plasma darah ini memiliki beberapa peranana, antara lain: mengatur tekanan dari osmosis darah, mendistibusikan zat-zat makanan ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan, serta mengangkut sisa yang tidak terpakai dari proses metobolisme tubuh. Plasma darah juga mengandung fibrinogen, yang fungsinya membantu proses epmbekuan darah apabila terjadi pendarahan yang disebabkan oleh luka. Fibronegan akan membentuk jaringan-jaringan seperti benang yang akan menutupi luka sehingga darah yang akan keluar akan terhalang oleh benang fibrin tadi sehingga darah dapat berhenti. Baca: Bagian - Bagian Telinga dan Fungsinya

2. Sel darah merah atau eritrosit

Sel darah merah merupakan sel darah yang memiliki jumlah yang paling banyak dari jumlah sel darah lainnya. Setiap 1mm3 darah akan mengandung sekitar 6 juta sel darah merah. Proses pembentukan sel darah merah terjadi di sumsum tulang belakang. Sel ini memiliki bentuk yang pipih dan cekung. Sel darah merah juga tidak memiliki inti. Warna dri sel darah merah ini disebabkan oleh kandungan hemoglobinya, semakin pekan warna suatu darah maka kandungan hemoglobinnya semakin tinggi.

3. Sel darah putih atau leukosit

Kebalikan dari sel darah merah, sel darah putih memiliki inti, meiliki bentuk yang berubah-ubah, dan bergerak. Sel ini memiliki masa umur sekitar 12 hari. Macam dari sel darah putih ada 5 yaitu: basofil, monosit, eusinofil, neutrofil, dan limfosit. Fungsi dari sel darah putih adalah utuk melindungi tubuh dari serangan berbagai penyakit yang ingin menyerang tubuh. Semakin ganas virus yang menyerang tubuh, akan semakin banyak pula jumlah dari sel darah putih.

Fungsi Darah

Darah memiliki banyak fungsi yang sangat penting bagi kehidupan manusia, antara lain:
  1. Sebagai alat pengangkut zat-zat makanan yang diperlukan oleh tubuh serta mendistribusikannya ke bagian-bagian tubuh yang membutuhkan 
  2. Sel darah putih memiliki fungsi melindungi tubuh serta membunuh bibit penyakit yang akan menyerang tubuh 
  3. Sel darah merah memiliki fungsi membantu dalam pembekuan darah apabila terjadi pendarahan saat terjadi luka. 
  4. Selain itu, darah juga berperan penting dalam menjada suhu tubuh. Baca: Fungsi Sel Darah Merah dan Sel Darah Putih