Area Baca

2/03/2016

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi

Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Pertumbuhan Ekonomi - Pertumbuhan ekonomi memiliki arti yang tidak sama dengan arti pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi hanyalah bagian kecil dari proses pembangunan ekonomi. Pertumbuhan ekonomi merupakan proses yang dilakukan pemerintah sebagai upaya perubahan kondisi perekonomian untuk menuju keadaan yang dinilai lebih baik. Pertumbuhan ekonomi juga dapat didefinisikan sebagai sebuah proses dari kenaikan kapasitas pada produksi perekonomian yang pada prakteknya diwujudkan dalam bentuk kenaikan dari pendapatan nasional per kapita. Perekonomian dapat dikatakan mengalami suatu pertumbuhan jika jumlah balas jasa riil pada penggunaan faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi pada tahun tertentu lebih besar jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Berikut beberapa faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi:

· Faktor pertama yaitu SDM atau Sumber Daya Manusia, hal ini sama dengan dengan proses dari sebuah pembangunan ekonomi, pertumbuhan ekonomi juga pada dasarnya dipengaruhi oleh SDM atau Sumber Daya Manusia. SDM atau Sumber daya manusia merupakan faktor yang paling penting dan mutlak adanya dalam proses sebuat pertumbuhan ekonomi. cepat atau lambat sebuah proses pertumbuhan ekonomi tergantung pada sejauhmana SDA atau sumber daya manusia yang ada pada suatu negara yang merupakan subjek pertumbuhan ekonomi memiliki sebuah kompetensi yang sangat memadai untuk melakukan dan melaksanakan proses pertumbuhan ekonomi.

· Faktor kedua yaitu SDA atau Sumber Daya Alam, pada umumnya sebagi besar negara bertahan dan berkembang melalui tumpuannya pada SDA atau Sumber Daya Alam dalam melaksanakan proses pertumbuhan ekonomi. Namun, SDA atau Sumber Daya Alam tidak dapat menjamin keberhasilan suatu proses pertumbuhan ekonomi, jika tidak didukung oleh kemampaun SDM atau Sumber Daya manusia dalam mengelola SDA atau Sumber Daya Alam yang tersedia. SDA atau Sumber Daya Alam yang dimaksud misalnya saja seperti kekayaan hasil hutan, kesuburan tanah, tambang, kekayaan mineral, dan kekayaan laut. Baca: Dampak dan Cara Mengatasi Pengangguran

· Faktor yang ketiga yaitu IPTEk atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi, Perkembangan IPTEK atau Ilmu Pengetahuan dan Teknologi yang semakin pesat dapat mendorong adanya percepatan proses pertumuhan ekonomi, pergantian dari pola kerja yang dulunya menggunakan tenaga manusia telah banyak digantikan oleh mesin-mesin canggih yang dapat berdampak pada kualitas, kuantitas dan efisiensi dari serangkaian aktivitas pertumbuhan ekonomi yang pada akhirnya dapat berakibat terjadinya percepatan laju dari pertumbuhan perekonomian.

· Faktor keempat yaitu budaya, budaya dapat memberikan dampak tersendiri pada pertumbuhan ekonomi suatu negara, faktor budaya berfungsi sebagai pendorong proses pertumbuhan ekonomi tetapi juga dapat menjadi penghambat pertumbuhan ekonomi.

· Faktor kelima yaitu luas pasar, luas pasar dapat memengaruhi pertumbuhan ekonomi suatu negara. Apabila luas pasar suatu negara terbatas, hal tersebut dapaatt mengakibatkan tetap rendahnya tingkat produktivitas serta pendapatan dari para pekerja. Baca: Ciri - Ciri Pembangunan dan Pertumbuhan Ekonomi