Area Baca

10/25/2016

Belajar Mengenai Bagian Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya

Bagian Bagian Sel Tumbuhan Dan Fungsinya - Semua makluk hidup seperti tumbuhan mempunyai unit dasar kehidupan berupa sel. Tiap sel mempunyai karaker dan fungsi yang berbeda-beda. Fungsi sel adalah mengatur gerakan air, nutrisi seta membuang limbah keluar. Sel juga berisi kode kehidupan yaitu DNA yang mengkoordinasikan sintesis protein dan transfer informasi genetik dari sel induk ke sel anak. Bagian bagian sel tumbuhan dan fungsinya memegang peran yang sangat vital dalam menjaga kondisi serta menjalankan fungsinya. Beberapa organel pemebentuk sel tumbuhan berbeda dengan organel sel hewan. dalam sel tumbuhan memiliki 11 bagian penting yaitu : Membran sel, Dinding sel, Nukleus, Kloroplas, Kromoplas, Ribosom, Leukoplas, Mitokondria, Badan Golgi, Retikulum Endoplasma, dan Vakuola. semua bagian tersebut mempunyai peran dan tugas masing-masing dan saling terikat.

Pemahaman Tentang Bagian Bagian Sel Tumbuhan dan Fungsinya

Untuk lebih memahami bagian bagian sel tumbuhan beserta fungsinya ada di penjelasan di bawah ini :

1. Membran sel

apa itu membran sel?membran sel adalah lapisan luar dari sebuah sel. membran sel berupa lapisan antar muka yang memisahkan sel dengan lingkungan diluar sel. fungsi membran sel adalah sebagai pelindung inti sel agar tidak pecah dan tetap kokoh saat berlangsungnya reaksi kimia, pertukaran molekul dan penerima rangsangan.

2. Dinding sel

apa itu dinding sel? dinding sel merupakan membran plasma yang berada di struktur paling luar. didnding sel merupakan ciri kas dari sel tumbuhan dinding sel terbentuk dari bahan polimer karbonat yang bersifat rigit. Fungsi dinding sel sebagai filter atau penyaring, mengatur keluar masuknya zat sehingga keseimbangan internal sel terjaga. Baca: Bagian bagian sel dan fungsinya

3. Nukleus

nukleus atau inti sel merupakan bagian terbesar sel, dan otak dari sel.nukleus dilapisi membran yang disebut nukleuplasma. mukleus mnyimpan materi genetik atau kromosom sebagai penentu keturunan,. fungsi nukleus adalah koordinator proses metabolisme, pengendali proses sintesis protei dalam sel dan proses pembelahan sel.

4. Kloroplas

kloroplas juga disebut plastida, apa itu kloroplas? merupakan bagian sel yang berbentuk cakram sebagai tempat pembawa pigmen klorofil. fungsi kloroplas adalah sebagai tempat berlangsungnya reaksi perubahan energi cahaya menjadi glukosa saat berlangsung fotosintesis pada tumbuhan.

5. Kromoplas
apa itu kromoplas? kromoplas merupakan organel sel serupa cekungan bermembran yang berisi pigmen karotena. pigmen warna yang tersimpan dalam klomoplas memiliki warna bervariasi. berfungsi kromoplas memberi warna pada bunga dan buah.

6. Ribosom

ribosom adalah bagian dalam sel yang memiliki ukuran sangat kecil dan dan padat. Ribosom ada yang melekat pada retikulum endoplasma ada juga yang bebas. Fungsi ribosom adalah sebagai tempat sintesis protein.

7. Leukoplas

merupakan organel sel yang membantu penyimpanan sari pati atau tepung.

8. Mitokondria

apa itu mitokondriya?mitokondriya yaitu tempat berlangsungnya proses fungsi respirasi. proses respirasi dari mitokondria menghasilkan molekul glukosa sebagai sumber energi utama sel.

9. Badan golgi

disebut juga diktiosom yaitu Badan golgi mempunyai fungsi sebagai penyerap mengangkut enzim-enzim yang akan dilakukan proses rektresi. selein itu badan golgi juga berfungsi sebagai perakit mikro molekul sebagai sumber karbohidrat.

10. Retikulum endoplasma (re)

retikulum endoplasma adalah jalur penghubung antara nukleus dan sitoplasma. retikulum endoplasma berfungsi sebagai sirkulasi steroid, protein, glikogen serta senyawa lainya dalam sel.

11. Vakuola

yaitu organel sel berupa rongga yang berlapis membran. fungsi vakuola sebagai tempat penyimpanan makanan serta pigmen warna dan sebagai pengedar sari makanan. karena sistem rekresi sel tumbuhan tidak begitu efektif maka peran vakuola sebagai organel sel menjadi sangat vital. kemampuan tumbuhan dalam mempertahankan mekanisme pertahanan tergantung pada vakuola dalam mengatur konsentrasi zat-zat asing yang larut dalam sel. Baca: Bagian Sel Hewan Dan Fungsinya

Ternyata materi tentang bagaian bagian sel tumbuhan dan fungsinya menarik untuk dipelajari ya.

Demikian artikel tentang bagaian bagian sel tumbuhan dan fungsinya semoga bisa dicermati dan bermanfaat.