Area Baca

8/31/2017

Gelombang Elektromagetik: Teori, Rumus dan Macam – Macamnya

Gelombang elektromagetik: teori, rumus dan macam – macamnyaAda berbagai macam gelombang yang terdapat di kehidupan kita sehari – hari. Gelombang tersebut dapat merampat melalui penghantar, penghantar tersebut dapat berupa benda padat, benda cair dan juga udara. Gelombang tersebut bermacam – macam. Ada gelombang suara, ada gelombang cahaya da nada juga gelombang elektromagnetik. Masih ada banyak jenis – jenis gelombang diantara kehidupan sehari – hari kita.

Macam – macam gelombang elektromagnetik


Macam – macam gelombang elektromagnetik adalah gelombang radio, infra merah, cahaya tampak, ultra violet, sinar X, dan sinar gamma. Frekuensi radio menggunakan gelombang elektromagetik untuk menghasilkan saluran radio atau sinyal yang dapat tersebar di seluruh area. Supaya saluran tersebut dapat tersebar luas, maka dari itu digunakanlah antena sebagai penghasil arus bolak – balik sebagai sumber dari gelombang elektromagnetik.

Infra merah juga termasuk ke dalam gelombang elektromagnetik. Karena, infra merah ini dihasilkan dengan adanya percampuran antara medan listrik dan medan magnet untuk mendapatkan radiasi elektromagnetik. Gelombang infra merah ini tidak sepanjang gelombang radio, jadi gelombang infra merah ini lebih pendek dari gelombang radio dan juga tidak dapat menembus benda padat. Benda padat yang bisa diembus oleh infra merah adalah benda padat yang transparan. Selain itu infra merah juga tidak dapat dilihat oleh mata manusia. Ada contoh lagi gelombang elektromagnetik yang dapat kita buat dengan alat – alat yang kita bawa sehari – hari, seperti penggaris berbahan plastic mika. Jika penggaris tersebut digosok – gosok secara bolak balik pada rambut selama 15 detik, dan di dekatkan pada rambut (tidak menempel, diberi jarak sekitar 5 cm) maka rambut tersebut perlahan – lahan akan terangkat dan menempel pada penggaris tersebut.

Rumus gelombang elektromagnetik


Radiasi elektromagnetik dihasilkan oleh muatan listrik. Sehingga, arus listrik yang dihantarkan untuk gelombang elektromagnetik akan memiliki frekuensi yang sama. Jadi jika dilihat dari sifat tersebut akan didapatkan rumus gelombang elektromagnetik sebagai berikut:

E = Hf

Keterangan:

E adalah energy foton

H adalah konstanta Planck – 6.626 x 10-34 J/s

F adalah frekuensi gelombang

Gelombang yang dihasilkan oleh gelombang elektromagnetik tersebut dapat bersifat gelombang dan dapat bersifat partikel, hal tersebut bergantung pada ciri dari gelombang tersebut. Sifat gelombang adalah dicirikan oleh kecepatan cahaya, panjang gelombang, dan frekuensi. Namun sifat partikel dicirikan oleh foton.

Teori gelombang elektromagnetik


Teori gelombang elektromagnetik adalah jika gelombang tersebut berbeda dalam panjang gelombang dan frekuensinya. Dalam teori ini terdapat 2 teori yang berasal dari 2 ilmuwan bersejarah seperti Heinrich Hertz dan Einstein. Pertama kali teori ini dotemukan oleh Heinrich Hertz. Untuk rumus awal yang ditemukan Heinrich Hertz seperti yang tertera pada penjelasan sebelumnya. Namun, setelah rumus itu ditemukan, rumus tersebut diperbaharui oleh Einstein menjadi Ephoton = hf.

Sifat – sifat yang ditimbulkan oleh gelombang elektromagnetik adalah sebagai berikut: gelombang ini tidak memerlukan media perantara untuk menghantarkan gelombang. Seperti halnya radio, untuk memancarkan saluran radio tidak diperlukan kabel panjang yang digunakan untuk mengalirkan gelombang tersebut. Hanya membutuhkan antenna sebagai pemancar sinyal. Maka sering juga gelombang elektromagnetik ini sebagai radiasi elektromagnetik. Gelombang ini tidak menghantarkan massa, namun hanya menghantarkan energi. Energy yang dibawa oleh gelombang tersebut sama besarnya dengan frekuensi gelombang yang dihantarkan. Energi elektromagnetik dihasilkan oleh medan listrik dan medan magnet, dimana energi listrik dan medan magnet selalu tegak lurus dan sefase. Sekian penjelasan terkait tentang gelombang elektromagnetik dan semoga dapat membantu. Baca: Getaran: Pengertian, Rumus, Contoh dan Jenis Jenisnya