Area Baca

8/21/2017

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Imunisasi Menurut Para Ahli

Pengertian, Tujuan dan Manfaat Imunisasi Menurut Para AhliPara Ibu yang memiliki bayi pasti khawatir ketika bayinya sakit. Sekarang ini banyak sekali virus – virus yang menyebar diberbagai daerah. Ada juga penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Virus – virus sekarang ini begitu kuat, hingga ada virus yang sulit untuk dimusnahkan. Tidak banyak juga para Ibu yang mengurung anak – anaknya di rumah, tidak diperbolehkan untuk bermain dengan teman – temannya di luar ruangan, karena kekhawatiran akan terjangkitnya virus di tubuh mereka. Dikarenakan oleh hal tersebut, maka pemerintah menggalakkan beberapa imunisasi agar anak – anak kebal terhadap virus – virus tersebut dan tidak akan terkena penyakit menular. Imunisasi yang sudah digalakkan pemerintah Indonesia, seperti: imunisasi campak, imunisasi hepatitis B, imunisasi TBC, imunisasi tetanus, imunisasi cacar, dan masih banyak lagi. Sedangkan, apakah Ibu – ibu sekarang mengetahui apa sebenarnya arti imunisasi tersebut? Apa fungsi imunisasi tersebut? Jika ibu – ibu masa kini tidak mengetahui apa maksud digalakkannya imunisasi, maka kesadaran akan mendaftarkan putra – putrinya untuk imunisasi tidak aka ada.

Pengertian imunisasi menurut para ahli


Apa pengertian Imunisasi menurut para ahli? Imunisasi adalah memasukkan virus yang sudah dilemahkan sehingga tubuh membuat antibody sendiri dari virus yang sudah dilehkan tersebut. Maka dari itu, tubuh akan menyesuaikan dirinya dengan virus yang telah dimasukkan ke dalam tubuh. Jika tubuh sudah beradaptasi dengan virus tersebut dan membentuk kekebalan tubuh terhadap virus tersebut, maka jika ada virus yang mendekat anak yang sudah di imunisasi tersebut, tidak akan tertular oleh penyakit tersebut. Ada berbagai macam cara untuk memasukkan imunisasi atau virus yang sudah dilemahkan tersebut ke dalam tubuh. Diantaranya adalah menyuntikkan cairan virus yang sudah dilemahkan tersebut dengan jarum suntik yang sudah steril. Jarum suntik yang digunakan tidak boleh jarum yang bekas pakai, tetapi jarum baru yang sama sekali belum pernah dipakai oleh orang lain. Kedua dengan cara diminum. 

Cairan virus tersebut dibuat seperti obat cair sehingga dapat diminum dan dicerna anak – anak dengan baik dan virus tersebut dapat bekerja sama seperti virus yang disuntikkan. Tidak hanya anak – anak yang mendapatkan imunisasi, tetapi juga wanita yang akan menikah. Imunisasi tersebut adalah imunisasi TT atau bisa disebut dengan Tiroid Tetanus. Imunisasi tersebut bertujuan agar ketika wanita tersebut mengandung, bayi yang dikandungnya akan kebal terhadap virus TT tersebut. Imunisasi TT tidak hanya dilakukan 1 kali, namun dilakukan secara berkala. Karena tubuh memerlukan penyesuaian yang lebih terhadap virus tersebut, maka untuk membuat kekebalan terhadap virus tersebut harus dilakukan secara berkala. Imunisasi tidak hanya dilakukan satu kali, namun ada juga yang dilakukan berkala, sesuai dengan aturan yang dianjurkan oleh dokter.

Tujuan imunisasi untuk anak - anak


Tujuan imunisasi adalah untuk melindungi anak – anak dari berbagai macam virus yang berkembang pesat, sehingga mengurangi resiko terjangkitnya virus pada anak – anak. Mencegah adalah hal yang terbaik daripada mengobati. Untuk mencegah mungkin memang sedikit mahal, karena cairan imunisasi tersebut juga tidak didapatkan dengan cuma – cuma. Namun jika anak – anak sudah terkena virus, pengobatannya akan lebih mahal dari pencegahan itu tadi. Akan lebih menghabiskan biaya saat pengobatan. Ibu – ibu harus lebih memperhatikan kesehatan anak – anak dengan melihat jadwal untuk imunisasi supaya kesehatan mereka terjaga.

Manfaat imunisasi bagi anak - anak


Apa manfaat imunisasi? Manfaat yang didapat setelah imunisasi adalah anak – anak akan lebih kebal terhadap virus – virus yang divaksinkan ke dalam tubuhnya, dan kesehatan mereka terjaga. Maka dari itu, sadar imunisasi untuk kehidupan yang lebih baik. Baca: Fungsi Retikulum Endoplasma bagi Hewan dan Tumbuhan