Area Baca

9/08/2017

Gelombang Mekanik: Ciri Ciri, Karakteristik, Rumus dan Jenisnya

Gelombang mekanik: Ciri ciri, karakteristik, rumus dan jenisnyaGelombang mekanik selalu hadir di setiap kehidupan kita sehari-hari. Cahaya yang kita lihat sehari-hari adalah salah satu contoh gelombang mekanik. Gelombang pada tali yang kita gerakkan juga termasuk gelombang mekanik.

Jenis gelombang mekanik


Jenis gelombang mekanik ada dua macam. Pertama, gelombang transversal. Gelombang transversal adalah gelombang dimana arah rambatnya berjalan tegak lurus dan searah dengan getarannya. Contoh gelombang ini adalah yang terlihat pada cahaya dan tali. Kedua, gelombang longitudinal. Gelombang jenis ini memiliki frekuensi gerakan yang berupa rapatan dan renggangan, jadi tidak berupa beberapa deretan bukit atau lembah seperti tali dan cahaya.

Gelombang transversal adalah gelombang yang mengalir karena adanya getaran yang tegak lurus terhadap arah rambatan gelombang. Dan gerakan gelombang tersebut mempunyai partikel yang berada di sudut kanan ke arah rambat gelombang. Gelombang tersebut dapat merambat melalui benda cair dan benda padat, namun gelombang ini tidak dapat merambat melalui benda padat. Saat gelombang transversal ini berlangsung, maka getarannya akan membentuk puncak dan lembah. Getaran transversal ini dibagi menjadi 2 macam, yaitu gelombang elektromagnetik dan gelombang terpolarisasi. Gelombang transversal adalah gelombang yang terbentuk dari medan magnet dan arus listrik. Contoh gelombang transversal adalah gelombang radio, gelombang cahaya, radiasi termal, sinar X, dll. Gelombang terpolarisasi adalah gelombang yang membentuk sebuah pola stabil. Gelombang ini membentuk gelombang dua dimensi. Gelombang ini dapat dibentuk dengan menggerakkan tangan ke atas dank e bawah, atau dengan cara menggerakkan tangan memutar searah.

Karakteristik gelombang mekanik


Karakteristik gelombang mekanik adalah memerlukan alat atau perantara untuk berpindah. Gelombang ini mempunyai panjang gelombang, periode gelombang, frekuensi gelombang, dan cepat rambat gelombang. Panjang gelombang yang dihasilkan oleh gelombang transversal dan gelombang terpolarisasi sangat lah berbeda. Untuk gelombang transversal panjang gelombang dapat diukur dari bukit, puncak dan dasar gelombang. Periode gelombang yaitu waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Frekuensi gelombang yaitu jumlah gelombang yang dihasilkan tiap detik. Berapa banyak gelombang penuh yang terbentuk dalam tiap detik. Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang penuh tiap detik.

Rumus gelombang mekanik


Dari penjelasan di atas rumus gelombang mekanik dapat disimpulkan sebagai berikut:

v = s / t

jika s = λ maka persamaan cepat rambat gelombang tersebut di atas menjadi

v = λ / t atau v = λ . f

keterangan rumus di atas adalah sebagai berikut:

s : jarak gelombang yang ditempuh dalam waktu 1 detik

t : periode gelombang atau waktu gelombang untuk membentuk satu gelombang

v : cepat rambat gelombang atau jumlah gelombang tiap satu menit

Ciri – ciri gelombang mekanik


Ciri ciri gelombang mekanik adalah seperti karakteristik yang disebutkan sebelumnya di atas. Ciri – ciri tersebut adalah memerlukan alat atau perantara untuk berpindah. Gelombang ini mempunyai panjang gelombang, periode gelombang, frekuensi gelombang, dan cepat rambat gelombang. Panjang gelombang yang dihasilkan oleh gelombang transversal dan gelombang terpolarisasi sangat lah berbeda. Untuk gelombang transversal panjang gelombang dapat diukur dari bukit, puncak dan dasar gelombang. Periode gelombang yaitu waktu yang diperlukan untuk menempuh satu gelombang. Frekuensi gelombang yaitu jumlah gelombang yang dihasilkan tiap detik. Berapa banyak gelombang penuh yang terbentuk dalam tiap detik. Cepat rambat gelombang adalah jarak yang ditempuh oleh gelombang penuh tiap detik. Baca: Gelombang elektromagetik: teori, rumus dan macam – macamnya