Area Baca

9/12/2018

Pengertian Sistem Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Sistem Politik Menurut Para AhliSistem politik terbentuk dari dua kata yaitu “sistem” dan “politik”. Menurut Pamudji, sistem adalah suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek atau terorganisir, suatu himpunan atau perpaduan dari hal- hal yang membentuk suatu kebulatan atau keseluruhan yang komplek dan utuh. Sedangkan pengertian politik sendiri dapat diartikan dalam bahasa arab yaitu “siyasyah” yang kemudian diterjemahkan menjadi siasat, dan dalam bahasa inggris disebut “politics” . Kata politik berasal dari kata pembentukan “polis” yang memiliki arti sebagai negara kota.

Secara umum pengertian sistem politik adalah suatu kumpulan dari pendapat atau hal lain yang membentuk suatu kesatuan untuk mengatur, melaksanakan, dan mempertahankan suatu pemerintahan dengan mengatur hubungan antara individu satu sama lainnya atau dengan negara untuk berhubungan dengan negara lainnya.

Sistem politik secara umum juga dapat diartikan sebagai suatu sistem atau perangkat yang saling bekerja sama untuk membentuk suatu pemerintahan atau politik yang bersahaja dengan menerapkan suatu sistem yang terdiri dari aturan dalam hubungan sosial manusia, yang di dalamnya meliputi kewenangan kekuasaan hukum dan kewajiban.

Setelah kita mengenal tentang sistem politik secara umum, berikut di bawah ini adalah beberapa pengertian dari sistem politik menurut para ahli :

1. Pengertian Sistem Politik Menurut Samuel P. Huntington

Samuel P. Huntington membagai pengertian sistem politik atas 5 definisi sesuai dengan komponen yang dimiliki yaitu:

a. Sistem politik sebagai Budaya ( culture ) , yaitu nilai-nilai ( values) , sikap sikap ( attitudes ), orientasi ( orientation ), mitos ( myths ) dan kepercayaan ( beliefs ) yang relevan terhadap poltik dan yang berpengaruh di dalam masyarakat.

b. Sistem politik sebagai struktur, yaitu organisasi formal dalam masyarakat dimana digunakan untuk menjalankan keputusan-keputusan yang berwenang, seperti partai politik, badan perwakilan rakyat, eksekutif sert birokrasi.

c. Sistem politik sebagai Kelompok ( The political system as a group ), yaitu bentuk sistem sosial dan ekonomi baik yang formal maupun nonformal, yang ikut berpartisipasi dalam politik untuk mengajukan tuntutan-tuntutan terhadap berbagai struktur politik.

d. Sistem politik sebagai kepemimpinan ( The political system as leadership ), diartikan sebagai individu dalam lembaga-lembaga politik dan kelompok-kelompok politik menjalankan pengaruh lebih daripada yang lainnya dalam memberikan alokasi tentang nilai-nilai.

e. Sistem politik sebagai kebijakan, diartikan sebagai pola-pola kegiatan pemerintahan untuk mempengaruhi distribusi keuntungan di dalam masyarakat secara luas.



2. Pengertian Sistem Politik Menurut Sri Soemantri

Sri Soemantri mengartikan bahwa sistem politik adalah pelembagaan dari hubungan antara manusia yang dilembagakan dalam bermacam-macam badan politik, baik supra struktur politik dan infra struktur politik. Suprastruktur politik adalah lembaga lembaga negara yang bersangkutan, yang pada umumnya berupa lembaga legislatif dengan kekuasaan legislatif, lembaga eksekutif dengan kekuasaan eksekutif, serta lembaga yudisiil dengan kekuasaan yudikatif (judiciary with judicial powers).

Sedangkan infrastruktur politik adalah suatu negara pada umumnya memiliki 5 komponen, yang terdiri atas :

- Partai politik ( Parpol)

- Kelompok ( group )

- Kepentingan ( interest group )

- Kelompok penekan ( pressure group )

- Alat komunikasi politik ( media of political communication )

- Tokoh politik ( political figure ).



3. Pengertian Sistem Politik Menurut Robert Dahl

Robert Dahl mengartikan bahwa sistem politik adalah suatu pola yang tetap dari hubungan manusia dengan melibatkan makna yang luas dari kekuasaan, aturan-aturan serta kewenangan.

4. Pengertian Sistem Politik Menurut David Easton

David Easton mengartikan bahwa sistem politik adalah suatu sistem yang terdiri atas alokasi nilai-nilai serta pengalokasian nilai-nilai yang bersifat paksaan atau mengikat masyarakat secara keseluruhan.

5. Pengertian Sistem Politik Menurut Gambriel Almond

Menurut Gambriel Almond sistem politik adalah suatu sistem interaksi yang ditemukan dalam masyarakat merdeka dengan menjalankan fungsi integrasi dan adaptasi. Fungsi integrasi ini dijalankan untuk mencapai kesatuan dan persatuan di dalam masyarakat yang bersangkutan. sedangkan fungsi adaptasi adalah sutau fungsi penyesuaian terhadap lingkungan.

6. Pengertian Sistem Politik Menurut Rusadi Sumintapura

Rusadi Sumintapura ikan mengarbahwa sistem politik adalah mekanisme dari seperangkat fungsi atau peranan di dalam struktur politik untuk berhubungan satu sama lain dengan menunjukkan suatu proses yang langgeng.

7. Pengertian Sistem Politik Menurut Sukarna

Sukarna mengartikan bahwa sistem politik adalah suatu tata cara untuk mengatur dan atau mengelola tentang bagaimana memperoleh dan mempertahankan kedudukan kekuasaan dalam negara, mengatur hubungan pemerintah dengan rakyat dan mengatur hubungan negara dengan negara.



8. Pengertian Sistem Politik Menurut Drs. Sukarno

Pengertian sistem politik dari Drs. Sukarno adalah sekumpulan pendapat atau prinsip yang membentuk satu kesatuan yang memiliki hubungan satu sama lain dalam mengatur pemerintahan serta melaksanakan, serta mempertahankan kekuasaan mealui mengatur individu atau kelompok individu satu sama lain atau juga mengatur antara Negara dan hubungan Negara dalam hubungannya dengan Negara lain.

9. Pengertian Sistem Politik Menurut Rusadi Kartaprawira

Rusadi Kartaprawira mendefinisikan bahwa sistem politik adalah suatu mekanisme atau cara kerja seperangkat fungsi dan atau peranan dalam struktur politik yang memiliki hubungan satu sama lain dengan menunjukkan suatu proses yang langggeng.

10. Pengertian Sistem Politik Menurut Drh. Wiku Adisasmito

Sistem politik menurut Drh. Wiku Adisasmito adalah merupakan suatu dugaan yang abstrak dari kekuatan-kekuatan yang berbenturan antara suatu negara dan pemerintahannya.

11. Pengertian Sistem Politik Menurut Mohamad Bahrudin Podomi

Sistem politik menurut Mohamad Bahrudin Podomi adalah suatu rangkaian metode yang memiliki sifat sistematis, terstruktur, dan fleksibel baik itu terhadap faktor-faktor internal maupun eksternal.

12. Pengertian Sistem Politik Menurut Drs. Abdul Kadir

Drs. Abdul Kadir mengartikan Sistem politik adalah suatu sistem yang legitimate, sistem yang memelihara ketertiban atau sistem yang mentransformasi dalam suatu masyarakat. Lebih jelasnya Beliau mengatakan bahwa sistem politik pada hakikatnya adalah suatu pola interaksi yang tetap, legitimate, yang bersifat mengikat dan bersifat otoritatif, melibatkan kekuasaan, serta melibatkan aturan yang luas dan signifikan.

13. Pengertian Sistem Politik Menurut Fredrick W. Frey

Fredrick W. Frey mendefinisikan bahwa sistem politik adalah suatu sistem interaksi dalam sebuahmasyarakat melalui alokasi-alokasi nilai-nilai yang mengikat dan bersifat otoritatif dibuat dan juga diimplementasikan di dalam kehidupan bermasyarakat.

14. Pengertian Sistem Politik Menurut Prof. Sri Sumantri

Prof. Sri Sumantri memiliki definisi sistem politik adalah kelembagaan dari hubungan antara manusia yang berupa hubungan antara suprastruktur dan infrastruktur politik.

15. Pengertian Sistem Politik Menurut Prayetno

Prayetno mendifinisikan sistem politik adalah sejumlah lembaga atau aktivitas politik dimasyarakat yang berfungsi mengubah input menjadi kebijakan yang otoritatif bagi masyarakat.

Dari pengertian beberapa para ahli di atas maka dapat disimpulkan bahwa sistem politik adalah suatu mekanisme seperangkat fungsi dan atau peranan dalam struktur politik di dalam hubungan dengan satu sama lain, yang menunjukan suatu proses dengan langsung memandang dimensi waktu, yaitu melampaui masa kini dan masa yang akan datang. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca. Baca: Perkembangan dan Pelaksanaan Demokrasi di Indonesia