Area Baca

11/10/2018

Pengertian, Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para Ahli

Pengertian,Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para AhliSecara umum, manajemen dapat diartikan sebagai salah satu seni yang ada di dalam ilmu pengorganisasian, misalnya seperti cara menyusun perencanaan, membangun suatu organisasi, bagaiaman pengorganisasian, pergerakan, pengendalian atau pengawasannya. Selain itu, manajemen juga bisa diartikan sebagai sebuah ilmu pengetahuan yang sifatnya sistematis untuk memberi pemahaman yang lebih mudah tentang mengapa dan bagaimana setiap manusia bekerja sama untuk bisa menghasilkan sesuatu yang lebih bermanfaat untuk manusia lainnya atau masyarakat luas.

Sedangkan secara etimologis, defenisi manajemen adalah suatu seni yang digunakan untuk melaksanakan dan juga mengatur. Manajemen juga dapat diartikan sebagai suatu ilmu yang mengajarkan tentang proses yang harus dilakukan untuk menggapai tujuan suatu organisasi, sebagai bentuk kerjasama dengan orang lain dalam organisasi tersebut. Itulah mengapa, orang yang melaksanakan tindakan manajemen disebut dengan manajer. Lalu bagaimana pengertian manajemen menurut para ahli?

Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli


1. Harold Knoontz & O’ Donnel di dalam buku mereka yang berjudul “Principles Of Management” mengatakan bahwa, “Manajemen merupakankan hal yang berhubungan dengan tercapainya suatau tujuan yang biasanya dilakukan bersama dengan orang-orang lain.”

2. George R Terry juga menyebutkan defenisi dari manajemen di dalam bukunya yang berjudul “Principles Of Manjemen”, dimana Terry mengatakan bahwa “Manajemen merupakan proses yang akan memberikan perbedaan pada perencanaan, pengorganisasian, penggerekan pelaksanaan serta pengawasan yang membutuhkan ilmu dan juga seni untuk bisa menyelesaikan tujuan yang sebelumnya sudah ditetapkan.”

3. James A.F. Stoner memberikan pendapatnya soal pengertian dari manajemen. Menurut Stoner, manajemen merupakan sebuah proses yang terlibat dalam suatu perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian sebagai upaya dari seluruh anggota organisasi untuk bisa menggunakan dnegan baik seluruh sumber daya yang ada dalam organisasi agar bisa mencapai tujuan yang sebelumnya sudah mereka tetapkan.

Fungsi Manajemen


Umumnya, fungsi manajemen terbagi atas tiga. Apa sajakah?

1. Perencanaan (planning)

Perencanaan merupakan suatu proses untuk memikirkan apa yang akan dikerjakan dengan ketersediaan sumber daya yanga ada. Perencanaan dilakukan untuk bisa menentukan tujuan perusahaan secara menyeluruh dan juga cara terbaik yang bisa digunakan untuk dapat memenuhi tujuan tersebut. Biasanya seorang manajer akan melakukan evaluasi untuk setiap rencana yang dimiliki termasuk rencana alternatif sebelum akhirnya memutuskan untuk mengambil tindakan seperti apa dan kemudian melihat apakah rencana yang dipilihnya cocok atau tidak untuk memenuhi tujuan dari perusahaan. Perencanaan menjadi proses yang paling penting dari semua fungsi manajemen. Sebab, tanpa adanya suatu perencaan, fungsi-fungsi manajemn lainnya tidak dapat dilaksanakan.

2. Pengorganisasian (organizing)

Pengorganisasisan merupakan suatu tindakan yang dilakukan dengan tujuan untuk membagi setiap kegiatan-kegiatan besar menjadi kegiatan yang lebih kecil atau sederhana. Suatu pengorganisasian akan lebih memudahkan manajer untuk melakukan pengawasan dan penentuan orang manakah yang akan dibutuhkan untuk dapat melaksanakan setiap tugas yang telah dibagi tersebut. biasanya pengorganisasian akan dilakukan dengan menetapkan tugas yang harus dilakukan, siapa yang akan mengerjakan tugas-tugas tersebut, kemudian bagaimana setiap tugas dikelompokkam, siapa yang bertanggung jawab dalam setiap tugas tersebut dan sampai di tingkat mana keputusan tersebut harus diambil.

3. Pengarahan (directing)

Pengarahan merupakan suatu tindakan yang digunakan untuk dapat mengusahakan agar setiap anggota kelompok dalam suatu organisasi bisa mencapai target yang sudah direncanakan sesuai dengan perencanaan manajerial dan usaha.

Setiap fungsi-fungsi tersebut harus ada dalam setiap organisasi untuk dapat memberikan hasil manajemen yang maksimal.

Unsur-Unsur Manajemen


Tak dapat dipungkiri bahwa dalam setiap perusahaan ataupun organasasi pastilah memiliki unsur-unsur yang baik agar bisa membentuk suatu sistem manajerial yang baik. unsur-unsur tersebut dinamakan dengan unsur manajemen. Di dalam unsur manajemn, jika salah satu unsurnya saja tidak terpenuhi secara sempurna atau bahkan mungkin tidak ada, maka tentunya hal tersebut akan langsung berimbas pada berkurangnya suatu upaya yang dilakukan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh perusahaan atau organisasi tersebut. Lantas, apa sajakah unsur-unsur manajemen yang dibutuhkan?

1. Human (Manusia)

Manusia menjadi salah satu faktor yang paling menentukan dalam suatu manajemn. Sebab, manusialah yang biasanya akan menetapkan tujuan yang akan dicapai dan manusia jugalah yang akan merencanakan proses yang akan digunakan untuk mencapai tujuan. Dengan demikian, tanpa adanya manusia, maka akan sangat tidak mungkin suatu proses dapat dijalankan. Sebab sejatinya, manusia merupakan makhluk pekerja.

2. Money (Uang)

Setelah manusia, unsur manajemen lainnya yang juga akan sangat menentukan proses berjalannya suatu manajemen adalah uang. Uang menjadi salah satu unsur manajemn yang paling tidak boleh diabaikan. Uang sendiri merupakan alat tukar sekaligus alat pengukur nilai. Besar atau kecilnya hasil dari suatu kegiatan bisa diukur dari banyaknya jumlah uang yang beredar dalam suatu perusahaan. Untuk itulah, uang merupakan alat yang penting untuk bisa membantu suatu perusahaan mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Sebab, saat ini segala sesuatunya harus diperhitungkan secara matang dan juga rasional. Hal ini pula yang akan berhubungan dengan berapa jumlah uang yang harus disedikan oleh suatu perusahaan atau organisasi untuk bisa membiayai tenaga kerja, peralatan yang harus dibeli dan juga berapa hasil yang akan dicapai dari kegiatan tersebut.

3. Materials (Bahan)

Material dapat dikelompokkan menjadi bahan setengah jadi atau disebut dengan raw material dan juga bahan jadi. Di dalam dunia bisnis, agar suatu perusahaan atau organisasi mampu mencapai hasil yang lebih baik, maka tidak hanya membutuhkan manusia yang ahli di bidangnya, tetapi juga akan ditentukan oleh kemampuan perusahaan atau organisasi tersebut menggunakan bahan atau materi-materi yang ada sebagai salah satu sarana untuk menjalankan proses manajemen. Baik materi dan juga manusia merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa adanya suatu materi, hasil yang telah ditetapkan tidak akan bisa dicapai.

4. Machines (Mesin)

Mesin akan sangat dibutuhkan untuk menjalankan suatu kegiatan dalam perusahaan. Penggunaan mesin akan memberikan banyak kemudahan atau menghasilkan suatu keuntungan yang lebih besar dan menciptakan yang namanya efesiensi kerja.

5. Methods (Metode)

Tentunya, dalam melaksanakan suatu pekerjaan atau proses dibutuhkan yang namanya suatu metode. Suatu pekerjaan akan berjalan dengan baik jika dijalankan menggunakan metode yang baik juga. Biasanya suatu metode merupakan suatu penetapan tentang bagaimana cara untuk melaksanakan suatu pekerjaan dengan memberikan berbagai pertimbangan mengenai sasaran, fasilitas yang tersedia, waktu yang dibutuhkan, uang dan juga kegiatan usaha. Metode yang baik harus dijalankan oleh orang yang tepat agar hasilnya maksimal. Itulah alasan mengapa manusia memiliki peran yang paling penting dalam proses manajemen.

6. Market (Pasar)

Memasarkan suatu produk merupakan faktor yang akan sangat menentukan dalam suatu perusahaan. Jika proses produksi barang berhenti, maka itu artinya tidak ada proses kerja yang akan berlangsung. Maka dari itu, setiap perusahaan harus memiliki kemampuan dalam penguasaan pasar.