Area Baca

11/14/2018

Pengertian Internet Secara Umum Menurut Para Ahli


Definisi internet secara umum

Internet atau singkatan dari Interconnection Networking dapat didefenisikan sebagai suatu jaringan komputer yang terhubung satu sama lain menggunakan sistem standar transmission control protocol/Internet Protocol (TCP/IP) yang berfungsi untuk menghubungkan dengan seluruh komputer yang ada di seluruh dunia.

Internet adalah suatu jaringan komputer yang memiliki fungsi untuk menghubungkan jutaan hingga miliaran komputer di seluruh dunia. Ketika suatu komputer terhubung dengan internet, maka komputer tersebut akan masuk dalam jaringan global yang saling terhubung dengan komputer lain yang juga terhubung dengan internet.

Internet dulunya merupakan proyek Departemen Pertahanan Amerika Serikat yang bernama ARPANET. Proyek tersebut bertujuan untuk menghubungkan seluruh komputer yang terdapat di daerah vital untuk dapat mendeteksi serangan nuklir. Tidak hanya itu, proyek tersebut juga digunakan ARPANET dengan tujuan untuk menghindari data yang hanya terpusat di satu daerah saja. Tetapi selanjutnya proyek dari ARPANET ini tidak hanya digunakan untuk hal-hal yang menyangkut tentang kemiliteran saja. Tetapi juga mulai dikembangkan untuk hal-hal umum yang menyangkut universitas atau perusahaan sehingga ARPANET mengalami perkembangan pesat dan mulai banyak digunakan.

Setelah ARPANET banyak digunakan oleh banyak kepentingan lainnya, maka kemudian ARPANET tersebut dipecah menjadi dua yaitu MILNET yang diperuntukan untuk keperluan militer dan juga DARPA Internet yang diperuntukan untuk keperluan umum. DARPA Internet kemudian lebih dipersingkat namanya menjadi Internet saja dan nama tersebut digunakan sampai sekarang. Tentunya, sampai saat ini internet telah mengalami berbagai perkembangan pesat yang banyak digunakan dalam berbagai bidang di dunia pendidikan, pemerintahan, perbankan, bisnis dan lain sebagainya.

Pengertian internet menurut para ahli

Berikut ini merupakan pengertian internet menurut para ahli :

1. Lani Sidharta (1996)

Lanu Sidharta memaparkan bahwa internet yang ditinjau secara fisik merupakan interkoneksi antarjaringan komputer yang menjadi sumber daya. Internet berisikan banyak informasi yang bisa digambarkan seperti database atau perpustakaan multimedia yang lengkap dan juga besar. Sidharta juga menambahkan bahwa internet merupakan dunia dalam bentuk lain atau maya karena di dalamnya berisi seluruh aspek kehidupan yang ada di dunia nyata seperti bisnis, hiburan, komunikasi dan lain sebagainya.

2. Oetomo (2002)

Pengertian internet menurut Oetomo adalah suratu jaringan komputer yang sangat besar dan terdiri atas beberapa jaringan kecil yang terhubung satu sama lain dengan jaringan lainnya yang ada di seluruh dunia.

3. Strauss, El-Ansary dan Frost (2003)

Sedangkan Strauss, El-Ansary dan Frost mendefinisikan internet sebagai suatu jaringan komputer yang saling terhubung dengan jaringan lainnya yang ada di seluruh dunia. Komputer yang terhubung ini dapat bertukar data dengan komputer lainnya yang ada seluruh dunia asalkan masih berada dalam satu jaringan global.

4. O'Brien (2003)

O’Brien menjelaskan bahwa internet merupakan suatu jaringan komputer yang mengalami perkembangan pesat dari jutaan bisnis dalam berbagai bidang seperti pendidikan, pemerintahan dan bidang-bidang lainnya dan saling terhubung dengan miliaran pengguna lain yang terdapat di lebih dari 200 negara.

5. Allan (2005)

Allan menyatakan bahwa internet merupakan kumpulan jaringan komputer yang saling terhubung secara fisik dan memiliki kemampuandalam membaca dan menguraikan protocol komunikasi yang biasa disebut dengan Internet Protocol (IP) dan Transmission Contol Protocol (TCP). Protokol-protokol tersebut berperan sebagai standar transmisi data atau juga bisa diartikan dalam spesifikasi sederhana bagaimana suatu komputer dapat saling melakukan pertukaran informasi.

6. Turban, Reiner dan Potter (2005)

Turban, Rainer dan Potter menyatakan bahwa internet merupakan suatu jaringan yang sangat besar dan bisa menghubungkan jaringan komputer lainnya baik jaringan komputer organisasi, bisnis, pemerintah atau sekolah-sekolah yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan sangat cepat.

7. Onno W. Purbo (2005)

Berdasarkan penuturan dari pakar internet Indonesia, Onno W Purbo, internert adalah suatu media yang biasa digunakan untuk mengefesiensikan proses komunikasi seperti web, VoIP, E-mail dan lainnya.

8. Tim peneliti dan pengembang wahana komputer (2005)

Selanjutnya berdasarkan tim dari peneliti dan pengembangan wahana komputer internet memaparkan bahwa internet merupakan metode yang digunakan untuk menghubungkan berbagai macam komputer ke dalam sebuah jaringan global melalui protocol yang disebut dengan Transmission Control Protocol (TCP) / Internet Protocol(IP).

9. Sibero (2011)

Sedangkan Sibenerno mengungkapkan bahwa internet merupakan suatu jaringan komputer yang dapat mengubungkan antarkomputer secara global atau biasa disebut dengan jaringan dunia karena memiliki cakupan yang sangat luas.

10. Sarwono (2012)

Sarwono juga menjelaskan bahwa internet merupakan sekumpulan jaringan yang berskala dunia dimana tidak ada satu orang pun baik itu orang, kelompok atau organisasi yang memiliki tanggung jawab untuk bisa menjalankan internet.

Demikianlah ulasan mengenai internet, semoga dapat membantu Anda dalam memahami pengertian internet secara umum dan menurut para ahli.

11. Harjono (2009)

Harjono mengungkapkan bahwa Internet dapat didefinisikan sebagai suatu kumpulan banyak komputer yang jumlahnya bisa mencapai hingga jutaan komputer yang ada di seluruh dunia dan saling berhubungan dan terkoneksi satu sama lainnya. Suatu komputer bisa saling terkoneksi satu sama lain jika ada suatu media yang dapat menghubungkan antarkomputer tersebut. Media yang biasa digunakan untuk menghubungkan komputer tersebut adalah kabel/serat optic, satelit atau melalui sambungan telepon.

12. Ramdhani (2003)

Ramdhani dalam modul pembelajaran Internetnya menyebutkan bahwa Internet adalah suatu sebutan untuk sekumpulan jaringan komputer yang dapat menghubungkan berbagai situs akademik, pemerintahan, komersial, organisasi sampai dengan perorangan. Lebih lengkap lagi Ramdhani memaparkan bahwa Internet memiliki kemampuan untuk bisa menyediakan berbagai akses untuk layanan telekomunikasi dan juga berbagai macam sumber daya informasi untuk jutaan penggunanya yang ada di seluruh dunia.

Ramdhani mengatakan bahwa internet memiliki berbagai macam layanan. Adapun jenis-jenis dari layanan internet meliputi komunikasi secara langsung seperti misalnya email, chatting, Usenet News, email, dan juga milis, serta sumber daya informasi yang terdistribusi (World Wide Web, Gopher), remote login dan lalu lintas file (Telnet, FTP), dan aneka layanan lainnya.

13. Lutfi SY

Dalam modulnya yang berisikan tentang teknologi informasi, Lutfi menyebutkan bahwa Internet merupakan suatu jaringan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan sangat memungkinkan penggunakanya untuk bisa bertukar informasi atau data melalui jaringan global tersebut.

Lebih lanjut lagi, Lutfi menyebutkan bahwa Internet merupakan suatu sistem komunikasi data yang berskala global dan tersusun dari suatu infrastruktur seperti hardware dan juga software yang bisa menghubungkan komputer di dalam jaringannya.

14. Berners Lee

Pencipta konsep WWW yakni Berners Lee mengungkapkan defenisi internet yaitu merupakan suatu jaringan yang terdiri atas beberapa jaringan, dimana hal ini jelas sangat merunjuk pada konsep suatu jaringan komputer tertentu atau lokal yang bisa saling terhubung ke suatu jaringan lainnya.

Berners Lee, yang menciptakan konsep WWW menyebutkan bahwa internet merupakan sebuah jaringan yang terdiri dari beberapa jaringan. Hal ini jelas merujuk pada konsep dimana suatu jaringan compute tertentu, atau jaringan local juga bisa terhubung ke dalam suatu jaringan lainnya.

15. Federal Networking Council

Federal Networking Council (FNC) menjelaskan bahwa ineternt merupakan suatu sistem informasi yang secara global dan logis dihubungkan dengan satu alamat unik yang berdasarkan pada internet protocol (IP). Baca: Pengertian,Fungsi Dan Unsur-Unsur Manajemen Menurut Para Ahli